Unduh Aplikasi

Zulfadli: Dahlan Dapat Bonus Pokir Rp100 Miliar

Zulfadli: Dahlan Dapat Bonus Pokir Rp100 Miliar
Sekretaris Komisi IV DPRA, Tgk Zulfadli dan Ketua DPRA, Dahlan Jamaluddin. Foto: Dok AJNN

BANDA ACEH - Belum lagi berita seputar pelarangan usulan pokok - pokok pikiran (Pokir) DPR Aceh mereda, kini muncul kabar miris yang juga masih tentang pokir.

Sekretaris Komisi IV DPRA, Tgk Zulfadli secara khusus mengundang AJNN untuk bertemu di salah satu warung kopi di seputaran Simpang Ilie, Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. 

Tgk Abang--sapaan akrab Zulfadli--selain menjabat Sekretaris Komisi IV DPR Aceh, juga merupakan Sekretaris Tim Perumus  Banggar sekaligus anggota Banggar DPR Aceh.

Kepada AJNN, Abang menceritakan terkait adanya tambahan bonus pokir untuk Ketua DPR Aceh, Dahlan Jamaluddin sebesar Rp 100 miliar. Bahkan bonus itu di luar pokir sebagai Ketua DPR Aceh sebesar Rp 41 miliar. 

Tambahan bonus ini muncul setelah Badan Anggaran (Banggar) DPR Aceh dan Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA) bertemu guna melakukan evaluasi atas Keputusan Mendagri tentang Rancangan Qanun (Raqan) APBA 2021.

Terkait penambahan bonus pokir untuk Dahlan itu, ia  meminta kepada Gubernur Aceh melalui TAPA agar dialihkan untuk penyediaan anggaran infrastruktur yang berkaitan langsung dengan kepentingan masyarakat.

“Saya meminta kepada Gubernur Aceh melalui TAPA agar bonus pokir ketua dialihkan untuk anggaran infrastruktur yang berkaitan dengan kebutuhan dasar masyarakat,” tegas Zulfadli.

Selain itu, ia juga meminta kepada Pimpinan Partai Aceh agar mengevaluasi kinerja Dahlan Jamaluddin sebagai Ketua DPR Aceh, bahkan ia berharap kepada Pimpinan Partai Aceh agar posisi Dahlan Jamaluddin sebagai ketua diusulkan untuk digantikan oleh kader Partai Aceh lainnya.

Baca: Pokir Ketua DPRA Rp 41 Miliar, Wakil Rp 29 Miliar

“Saya secara pribadi meminta kepada pimpinan partai agar melakukan evaluasi dan mengusulkan penggantian Ketua DPRA untuk diisi oleh Kader PA yang lebih mampu,” tegasnya.

Informasi yang juga diperoleh AJNN, ternyata wakil ketua, sembilan ketua fraksi, delapan orang anggota Tim Perumus Badan Anggaran, serta setiap anggota DPR Aceh, juga mendapatkan bonus poikir. Dimana skema anggaran berbeda-beda, berdasarkan jabatan dan kedudukan masing-masing

Padahal, di luar bonus pokir setelah evaluasi Banggar dan TAPA,  setiap anggota DPR Aceh telah mendapatkan jatah pokir yang besarannya berbeda-beda sesuai jabatannya. 

Adapun alokasi pokir DPRA yaitu ketua dijatah Rp41 miliar, wakil ketua Rp29 miliar, ketua fraksi Rp 18 miliar, dan anggota Rp15 miliar, maka total pokir DPR Aceh paling sedikit Rp1,325 triliun. Dengan rincian, ketua Rp41 miliar, tiga orang wakil ketua Rp87 miliar, ketua fraksi 9 orang Rp 144 miliar, serta 69 anggota Rp1,035 triliun.

Ketua DPRA, Dahlan Jamaluddin ketika dikonfirmasi AJNN tidak mengangkat panggilan telepon. Pesan singkat yang dikirimkan melalui pesan WhatshAp hanya conteng satu.

Sekretaris Tim Anggaran Pemerintah Aceh, Helvizar Ibrahim ketika dikonfirmasi AJNN juga tidak membalas pesan yang dikirimkan melalui pesan WhatshAp. AJNN sempat menghubungi melalui panggilan telpon, namun nomor tersebut tidak bisa terhubung.

Komentar

Loading...