Unduh Aplikasi

Yuk Intip Keindahan Pulau Spongebob di Aceh Singkil

Yuk Intip Keindahan Pulau Spongebob di Aceh Singkil
Penampakan Pulau Madang Balung di Aceh Singkil yang mirip dengan Bikini Bottom Spongebob

ACEH SINGKIL - Mustahil jika penggemar kartun anak-anak Spongebob Squarepants tidak mengenali sebuah kota bawah laut Bikini Bottom yang menjadi tempat tinggal Spongebob bersama teman-temannya.

Kalau dipandang dari permukaan laut, Bikini Bottom berbentuk pulau kecil dengan pohon kelapa di atasnya. Ternyata pulau indah seperti itu tidak hanya dapat terlihat melalui televisi saja, tetapi juga tampak di dunia nyata.

Tempat tersebut benar-benar sangat mirip dengan sebuah pulau yang ada di Kecamatan Pulau Banyak Barat Kabupaten Aceh Singkil, atau tepatnya berada di Pulau Madang Balung.

Karena memang permukaannya itu persis dengan Bikini Bottom, para wisatawan pun menyebutkan pulau ini dengan nama Pulau Spongebob.

Pulau Madang Balung itu merupakan salah satu pulau berukuran kecil dari total 63 pulau yang terdapat di Kepulauan Banyak.

Pulau yang tidak berpenghuni itu juga lingkari pasir putih yang halus, meskipun hanya berukuran lebih kurang seluas lapangan futsal, pulau ini begitu indah dipandang karena diatasnya banyak tumbuh pohon kelapa yang menjulang tinggi.

Selain itu, terumbu karang juga bisa pandangi dari pada pulau jika para pengunjung berada diatas perahu, sehingga menambahkan eksotisme “Pulau Spongebob” yang terletak di Aceh Singkil itu.

Sebenarnya, julukan Pulau Spongebob tersebut datang dari wisatawan yang melihat diantara banyaknya pulau, hanya pulau Madang Balung yang betul-betul mirip Pulau Spongebob. Lantas karena itu kemudian ia menjulukinya dengan PulauSpongebob.

“Ukurannya kecil kan, lalu diatas pulau ini juga tumbuh pohon kelapa,” ujar salah seorang wisatawan, Rio Pranata.

Perjalanan menuju pulau itu terbilang cukup ekstrem, karena banyak lautan dangkal, sehingga kalau belum menguasai medannya, perahu atau kapal yang digunakan bisa saja kandas diatas karang.

Sebelum sampai kesitu, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas lain disana, seperti snorkeling ditengah lautan.

Tempat ini bisa dibilang masih 'perjaka' bahkan jarang diinjak wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Banyak. Belum lagi nakhoda perahu yang membawa wisatawan juga tidak sembarang bisa masuk. Benar-benar harus menguasai jalur dulu agae bisa merapat.

“Jarang kesini (Wisatawan). Karena untuk mendekat saja harus hati-hati, dangkal dan banyak karang yang besar-besar,” tutur salah seorang Guide Muarmata Travel, Deni Meliala saat mengeksplorasi ‘Pulau Spongebob’ itu beberapa waktu lalu.

Pulau ini belum memiliki fasilitas alias masih kosong dan alami. Hanya ada tiga unit bungalow yang terletak di pulau terdekat dari Pulau Spongebob, yaitu di Pulau Balung.

Perjalanan menuju Pulau Spongebob ini tidak memakan waktu yang terlalu lama, berkisar 30 menit saja dengan menggunakan speed boat.

Jika anda memulai perjalanan dari Ibukota Kabupaten Aceh Singkil, anda terlebih dulu naik kapal penumpang ke Kecamatan Pulau Banyak atau Pulau Banyak Barat. Jarak tempuhnya sekitar 3,5 jam.

Setelah tiba di Kecamatan tersebut, anda kembali menyewa perahu mesin atau speed boat sekitar Rp 1 juta untuk bisa mengunjungi seluruh pulau di Kepulauan Banyak yang jumlahnya mencapai 63 pulau. Tapi anda akan direkomendasikan untuk mengunjungi 10 pulau yang memiliki fasilitas lengkap.

ADV

Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Aceh Barat
iPustakaAceh
Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...