Unduh Aplikasi

Yasonna Laoly Mundur dari Jabatan Menteri Hukum dan HAM

Yasonna Laoly Mundur dari Jabatan Menteri Hukum dan HAM
CNN Indonesia/Adhi Wicaksono

BANDA ACEH - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Republik Indonesia, Yasonna H Laoly, memutuskan mengundurkan diri dari jabatan menteri yang tengah dijabatnya saat ini.

Hal ini disampaikan Yasonna melalui surat bernomor M.HH.UM.01.01-168 tertanggal 27 September 2019, yang ditujukan langsung kepada Presiden Joko Widodo.

Dalam surat tersebut, ia membeberkan alasan dirinya memutuskan mengundurkan diri, karena menyadari sebagai menteri, dia tidak diperbolehkan rangkap jabatan sebagaimana diatur pada pasal 23 Undang-Undang nomor 39 tahun 2008 tentang Kementerian Negara.

Berdasarkan surat yang diperoleh AJNN, Jumat (27/9) itu, keputusan Yasonna untuk mengundurkan diri karena ia kembali terpilih sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, daerah pemilihan Sumatera Utara I.

"Dalam UU tersebut dijelaskan bahwa menteri dilarang merangkap jabatan sebagai pejabat negara sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan," sebut Yasonna dalam surat tersebut.

Surat pengunduran diri Yasonna

Ia juga menyebutkan bahwa pengunduran dirinya tersebut efektif terhitung mulai Senin, 1 Oktober 2019. Selain itu, ia juga mengucapkan rasa terimakasih kepada Presiden Jokowi, karena telah memberikan kepercayaan kepadanya sebagai menteri di Kabinet Kerja Joko Widodo - Jusuf Kalla.

"Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan dari Bapak Presiden yang telah menunjuk saya sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia," ujarnya.

Diakhir surat pengunduran diri itu, ia juga menuliskan permohonan maaf jika selama menjabat sebagai Menteri Hukum dan HAM, terdapat banyak kesalahan dan kelemahan.

Realisasi APBK AJay

Komentar

Loading...