Unduh Aplikasi

YARA Temukan Kawasan Tambang Emas Diduga Ilegal

YARA Temukan Kawasan Tambang Emas Diduga Ilegal
Lokasi tambang yang diduga ilegal

ACEH BARAT - Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Kabupaten Aceh Barat menemukan tambang emas yang diduga ilegal masih beroperasi di Sungai Mas, meskipun beberapa bulan lalu pernah ditindak Kepolisian Daerah (Polda) Aceh.

Ketua YARA Kabupaten Aceh Barat, Hamdani, mengatakan tambang emas diduga ilegal itu ditemukan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Desa Tungkop, tidak seberapa jauh dengan pemukiman penduduk.

"Kami menemukan masih adanya tambang emas yang kami duga ilegal setelah melakukan pemantauan langsung di lapangan, dari informasi yang kami peroleh sebelumnya. Dan saat kita lihat ternyata benar," kata Hamdani.

Hamdani menjelaskan, hasil pantauan di lapangan ditemukan beberapa alat yang digunakan untuk melakukan penambangan emas tersebut, seperti mesin dompeng yang telah dirakit untuk penyedotan, serta beko.

Tidak hanya itu, kata dia, di lokasi yang ia lihat, juga tampak kerusakan terhadap kawasan DAS di sekitar.

"Di sekitar kawasan itu juga kita temukan lingkungan sudah banyak rusak, seperti DAS yang tebingnya telah mulai longsor," sebutnya.

Hamdani, menyebutkan jika penertiban kawasan itu tidak serius dilakukan maka dalam beberapa tahun ke depan Kecamatan Sungai Mas akan mengalami bencana banjir besar akibat semakin rusaknya DAS daerah itu.

Ia menambahkan, kawasan penambangan emas diduga ilegal tersebut tidak hanya di kawasan Tungkop, namun informasi yang diperolehnya masih ada sejumlah titik lainnya.

"Kita heran padahal di sini sudah pernah ditertibkan diambil tindakan hukum, tapi kenapa masih bisa beroperasi. Ada apa ini?" ungkapnya.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...