Unduh Aplikasi

YARA Pertanyakan Proses Hukum Kasus Penggerebekan Tambang Emas Ilegal di Aceh Barat oleh Polda

YARA Pertanyakan Proses Hukum Kasus Penggerebekan Tambang Emas Ilegal di Aceh Barat oleh Polda
Tim Polda Aceh saat menggerebek tambang liar di Aceh Barat tanggal 5/3/2020 . Dalam oeprasi itu, sejumlah alat berat ikut diamankan. Foto: Ist

ACEH BARAT - Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Aceh Barat mempertanyakan proses hukum terkait dengan penangkapan tujuh unit excavator atau beko yang dilakukan oleh Direktur Reserse Dan Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Aceh di lokasi penambangan emas ilegal, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat.

Ketua YARA Aceh Barat, Hamdani, mengatakan hingga saat ini kabar terhadap penanganan kasus tersebut kian kabur, dan tidak pernah terpublikasikan ke media massa.

"Sejauh mana Satuan Ditreskrimsus Polda Aceh menangani kasusnya. Publik ingi mengershui perkembanganya," kata Hamdani, Minggu (28/6.

Menurutnya persoalan ini mencuat kembali bukan tanpa sebab, pasalnya baru-baru ini Polres Aceh Barat kembali melakukan penangkapan terhadap para penambang ilegal di Aceh Barat.

"Harusnya Polda Aceh terus mempublikasikan perkembangan kasus tersebut apakah sudah dilimpahkan ke Kejaksaan atau masih dalam penyidikan sehingga warga tidak bertanya-tanya atas kasus ini," ujarnya.

Baca: Polda Gerebek Penambangan Liar di Aceh Barat, Sejumlah Alat Berat Diamankan

Ia sendiri khawatir akan ada kesan negatif terhadap kepolisian jika proses hukum tersebut tidak jelas sejauh mana penanganannya. Apalagi saat ini, tambang emas ilegal masih marak berlangsung di Kabupaten Aceh Barat.

"Ini dibuktikan dengan kembali tertangkapnya tujuh pelaku ilegal mining di Kecamatan Sungai Mas dan ikut mengamankan satu unit beko, asbuk dan alat indang serta emas hasil tambang," ungkapnya.

Belum lagi, kata Hamdani, pihaknya menemukan sejumlah tambanh emas ilegal di Kecamatan Sungai Mas, yang membuat publik semakin bertanya-tanya.

"Jika memang penegakan hukumnya tegas, saya yakin pasti tidak ada lagi aktivitas penambangan emas ilegal," ucapnya.

Komentar

Loading...