Unduh Aplikasi

WTP Saja Belum Keren

WTP Saja Belum Keren
Ilustrasi: phsycologies.

OPINI Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atau Unqualified Opinion artinya Laporan Keuangan (LK) telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan (neraca), hasil usaha atau Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Laporan Arus Kas, sesuai dengan prinsip akuntansi yg berlaku umum.

Namun, sekali lagi, ini tidak menjadikan pemerintahan yang memperoleh predikat WTP lantas bebas dari korupsi atau tidak melakukan pemborosan. Predikat WTP yang diberikan BPK atas laporan keuangan suatu institusi hanya sebagai tanda bahwa proses yang disusunnya telah sesuai standar akuntansi yang berlaku.

Kalau tidak percaya, pelototin saja laporan keuangan daerah-daerah yang disematkan opini WTP oleh Badan Pemeriksa Keuangan. Selalu saja dalam LHP BPK tersebut ada temuan terkait kerugian keuangan negara atau pemborosan keuangan negara. 

Hal-hal ini menegaskan bahwa WTP bukanlah predikat yang menandakan suatu institusi bebas dari korupsi. Pemerintah daerah harus memahami bahwa WTP hanya salah satu indikator dari beberapa indikator bahwa tata kelola keuangan dan pembangunan sudah berjalan baik, di antaranya indeks korupsi, kemiskinan, SAKIP, SPIP, MCP. 

Kepala daerah juga tak perlu terlalu sesumbar sebagai pemimpin yang berhasil setelah mendapatkan predikat ini. Jika hal di atas terpenuhi, baru si kepala daerah layak diacungi jempol.

Semua pihak hendaknya tidak terkecoh. Faktanya, kerap kali laporan keuangan daerah dipoles sesuai permintaan. Laporan itu bukan kompilasi sesungguhnya dari semua unit kerja di daerah tersebut. Makanya, hasil laporan keuangan banyak yang berbanding terbalik dengan masalah di unit kerja dalam bentuk temuan hasil audit yang jumlahnya material.

Yang harus diperhatikan oleh kepala daerah adalah laporan keuangan unit kerja disusun dengan wajar dikompilasi jadi LKPD beropini WTP tanpa temuan material. Itu baru keren. 

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...