Unduh Aplikasi

WN Filipina Meninggal di Kapal Berbendera Eropa Dievakuasi Menggunakan APD

WN Filipina Meninggal di Kapal Berbendera Eropa Dievakuasi Menggunakan APD
Tim Basarnas dan Kantor Kesehatan Pelabuhan evakuasi jenazah ABK Filipina. Foto: AJNN/Tommy

BANDA ACEH - Seorang Anak Buah Kapal (ABK) meninggal dunia di kapal MV. Morandi dievakuasi oleh tim Basarnas Banda Aceh dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) ke daratan, Selasa (13)/10).

Jason P Pandaong warga negara Filiphina meninggal dunia dikarenakan sakit yang dialaminya. 

Kepala Basarnas Banda Aceh, Budiono menyebutkan warga Filipina tersebut mengalami sakit demam, batuk dan serangan jantung. Yang bersangkutan meninggal dunia pada 8 Oktober 2020, saat kapal jenis kargo tersebut dalam perjalanan dari Ukraina menuju China. 

"Meninggalnya sudah dua hari di atas kapal dan baru hari ini dievakuasi ke daratan," kata Budiono.

Ia juga menyebutkan evakuasi ABK berbendera Malta itu setelah tim Basarnas menerima informasi adanya satu crew meninggal dan diperlukan evakuasi kedaratan.

"Atas informasi itu, tim Basarnas dan petugas KKP bergerak ke titik lokasi evakuasi di Selat Benggala atau tujuh mil dari Ulee Lheu" ujarnya. 

Budiono menyebutkan evakuasi terhadap ABK warga Filiphina tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan alat pelindung diri (APD).

"Karena situasi saat ini pandemi, tim evakuasi tetap menggunakan APD, jenazah juga dimasukkan ke peti kayu yang telah disediakan petugas," kata Budiono.

Jenazah Jason P Pandaong WNA dievakuasi ke kamar jenazah RSUDZA, selanjutnya akan diterbangkan ke negara Filiphina.

Komentar

Loading...