Unduh Aplikasi

Wewenang Tes CPNS Dikembalikan ke Daerah Dinilai Bukan Solusi Tepat

Wewenang Tes CPNS Dikembalikan ke Daerah Dinilai Bukan Solusi Tepat
Chairul Anwar. Foto: Ist

ACEH JAYA - Usulan Bupati Aceh Barat Ramli MS yang turut didukung oleh Bupati Aceh Jaya T.Irfan TB, agar pemerintah pusat memberikan kewenangan penuh untuk seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ke daerah menuai pro kontra.

Banyak yang setuju dengan usulan tersebut dan tak sedikit juga yang kurang sependapat dengan uslusan itu jika memang hanya ingin mengutamakan putra daerah lewat CPNS.

Chairul Anwar, mantan aktivis mahasiswa Aceh Jaya yang kini menetap di Kepulauan Riau menilai usulan tersebut akan mengindikasikan ketidaksiapan daerah untuk berkompetisi serta akan membuka ruang nepotisme oleh oknum tertentu.

Baca: Bupati Aceh Jaya Sepakat Tes CPNS Dikembalikan ke Daerah

Menurutnya, jika memang pemerintah ingin lebih banyak putra daerah yang lulus di daerah masing-masing tidak harus dikembalikan ke daerah, namun pemda cukup mengusulkan syarat khusus untuk mengkoomodir putra putri daerah.

"Misalnya, harus ber-KTP atau berAkte lahir di Aceh Jaya dan sebagainya, jadi cukup mengusulkan syarat khusus tersebut ke pusat," ujar Chairul kepada AJNN, Jum'at (5/7).

Ia justru menilai jika sistem rekrutmen yang dibuat oleh pemerintah pusat sekarang sudah lebih bagus dari yang dulu dan lebih transparan.

"Sistem rekrutmen via online sudah lebih bagus dari pada manual dulu, dan lebih trasnparan," pungkas Chairul.

Komentar

Loading...