Unduh Aplikasi

Wempi Sebut Diberi Tugas Khusus oleh Jokowi Urus Papua

Wempi Sebut Diberi Tugas Khusus oleh Jokowi Urus Papua
Wamen PUPR Wempi Wetimpo (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan)

Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Wempi Wetimpo mengaku ditugaskan langsung oleh Presiden Joko Widodo untuk mengawal pembangunan infrastruktur dan fokus pada keamanan di wilayah Papua.

Hal ini, kata Wempi, dilakukan agar pembangunan infrastruktur yang telah digenjot Jokowi sejak 2014 lalu bisa terbangun tanpa dihadang oleh persoalan keamanan.

"Jadi saya mau sampaikan pada kesempatan yang sangat baik ini saya jadi Wamen PUPR ini urus bukan hanya infrastruktur tapi kalau fokus di Papua termasuk dengan keamanan, supaya infrastrukturnya bisa terbangun dengan baik," kata Wempi di kawasan Rumah Sakit Provita, Jayapura, Papua, Sabtu (27/10).

Wempi juga meminta agar semua pihak bisa lebih terbuka dalam hal komunikasi. Wempi tak ingin ada pola komunikasi yang terputus hanya karena ada kesalahpahaman di beberapa pihak.

Hal ini, kata Wempi, berkaitan dengan penugasan Jokowi yang diberikan kepada dirinya secara khusus sejak diangkat sebagai Wamen PUPR mendampingi Menteri Basuki Hadimuljono.

Jokowi, kata Wempi, menugaskan bukan hanya soal pengawasan infrastruktur yang menyangkut pada ranah keamanan, tetapi juga mengawal pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 17 Tahun 2019 Tentang Pengadaan barang/Jasa Pemerintah untuk Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

"Kalau ada komunikasi yang terputus mungkin karena kita mis[communication] (salah paham) mari kita berbicara. Karena Pak Presiden sudah berikan penugasan khusus ke saya untuk bagaimana mengawal Perpres 17, itu mengawal," kata dia.

Kata dia, selama ini Perpres nomor 17 Tahun 2019 ini banyak disalahartikan penggunaannya. Sebab tak sedikit masyarakat Papua yang mengartikan perpres itu sebagai bentuk pembagian tugas untuk warga masyarakat Papua.

Padahal, perpres itu ditujukan untuk bupati dan gubernur dalam mengatur perencanaan pembangunan di Papua dan Papua Barat.

"Karena itu pak presiden sudah lakukan penugasan itu kepada saya secara khusus untuk saya memonitor," kata dia.

Maka, kata dia, dalam waktu dekat dirinya akan melakukan diplomasi dan berbincang dengan warga Papua mengenai hal tersebut. Ini juga dilakukan agar tak ada lagi penghadangan atau kerusuhan yang terjadi hingga mengganggu pembangunan infrastruktur di tanah Papua.

Diakui Wempi, dirinya memang akan lebih banyak melakukan aktivitas diplomasi sebagai Wamen. Namun hal ini hanya berlaku di tanah Papua.

"Khusus untuk Papua (diplomasi) iya. Karena Papua sering terjadi kejadian, saya dikasih tugas khusus meskipun PUPR ini tidak urusan untuk keamanan itu tidak ada," katanya.

Komentar

Loading...