Unduh Aplikasi

Waspadai Gelombang Tinggi

Waspadai Gelombang Tinggi
Ilustrasi. Foto : elshinta.com
BANDA ACEH – Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat kembali mengeluarkan surat edaran peringatan dini terhadap gelombang tinggi di beberapa perairan di Indonesia, yang berlaku sejak tanggal 28 Maret pukul 13:00 WIB hingga 29 Maret 2016 pukul 19:00 WIB.

Tinggi gelombang yang mencapai 1.25 hingga 2.5 meter berpeluang terjadi di laut Andaman, perairan utara Aceh, perairan barat kepulauan Simeulue hingga kepulauan Mentawai, perairan Enggano Bengkulu, Perairan Barat Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, perairan selatan Jawa hingga pulau Sumba, Samudra Hindia Barat Sumatra hingga Selatan Nusa Tenggara Barat, perairan Timur kepulauan Lingga, selat Karimata bagian Utara, Selat Makasar bagian utara dan tengah, laut Sulawesi bagian Timur, perairan kepulauan Sangihe dan kepulauan Talud, laut Maluku bagian utara, perairan utara Halmahera, laut Halmahera, perairan utara Papua Barat dan Papua, samudra pasifik utara Papua Barat dan Papua.

Sedangkan gelombang yang mencapai 2.5 hingga 4.0 meter berpeluang terjadi di laut Cina Selatan, perairan Anambas hingga Natuna, laut Natuna dan Perairan Timur Filipina.

Sementara itu, Zakaria Kasi Data dan Informasi BMKG Aceh membenarkan hal tersebut, menurutnya secara nasional gelombang air laut di perairan Indonesia memiliki peningkatan, juga di beberapa wilayah Aceh.

Sepeti di wilayah Ulee Lheu tinggi gelombang laut mencapai 0,5 hingga 2 meter dan kemungkinan terjadi pada saat sore hari disertai dengan angin kencang, sedangkan wilayah Barat Selatang ketinggian ombak mencapai 0,5 hingga 1 meter, perairan Selat Malaka bagian utara mencapai 0,5 hingga 1 meter, Lhoksemawe, Timur Aceh 0,7 hingga 0,75 meter, dan selatan pulau Simeulue mencapai 1,25 meter.

Ia mengimbau kepada masyarakat maupun nelayan kecil untuk menghindar dari awan Cumulonimbus (CL) karena bisa mengakibatkan petir dan angin kencang sehingga bisa berdampak bahaya bagi nelayan.

“Waspada awan tebal, bisa saja kilat menyambar apalagi berada di wilayah yang lapang,”ujar Zakaria.

Ia menambahkan, kemungkinan hujan dengan sekala sedang disertai angin kencang dan petir akan terjadi 2 hingga 3 hari ke depan, melanda bagian pesisir timur dan barat selatan dan Aceh Tengah. Sedangkan di wilayah Aceh Utara, Aceh Timur, dan Lhoksukon masih dalam kondisi normal.

Komentar

Loading...