Wartawan Lhokseumawe-Aceh Utara Ikuti Pelatihan Meliput Isu Energi Kelistrikan 

Wartawan Lhokseumawe-Aceh Utara Ikuti Pelatihan Meliput Isu Energi Kelistrikan 
Suasana di bangunan Engine hall 1 PLTMG Arun 2. Foto: AJNN/Sarina.

LHOKSEUMAWE - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Lhokseumawe menggelar pelatihan jurnalistik bertema "Meliput Isu Energi Kelistrikan". Kegiatan itu bertujuan mendorong para wartawan untuk meningkatkan kompetensi dengan menambah pengetahuan pada isu-isu tertentu (kelistrikan).

Kegiatan yang diikuti oleh 30 wartawan media cetak, online, televisi, dan radio itu dilaksanakan di Gedung Sumbagut 2 Peaker Power Plant 250 MW, Lhokseumawe, Kamis (25/11).

Ada tiga narasumber dalam kegiatan itu yakni, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Aceh diwakili Manager PLN UP3 Lhokseumawe Muhammad Haiqal, yang memaparkan "Kinerja PLN Wilayah Aceh, khususnya di lima kabupaten dan kota wilayah kerja UP3 Lhokseumawe, dan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN.

Selanjutnya tampil Site Manager Operation & Maintenance PT Sumberdaya Sewatama Tunggul Pharwoto, dengan materi "Mengenal Proses Pembangkitan Listrik dan Teknologi PLTMG".

“Sewatama adalah perusahaan swasta nasional yang melakukan pengoperasian dan perawatan pembangkit listrik Sumbagut 2 milik PLN,” kata General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Aceh diwakili Manager PLN UP3 Lhokseumawe Muhammad Haiqal.

Adapun materi terakhir, disampaikan oleh Pemimpin Redaksi Serambi Indonesia, Zainal Arifin M Nur yang berbagi pengetahuan tentang "Mencari Ide Liputan dan Tips Menulis Berita".

Ketua AJI Lhokseumawe, Irmansyah mengatakan, pihaknya terus berupaya mendorong para wartawan untuk meningkatkan kompetensinya dengan menambah pengetahuan pada isu-isu tertentu, salah satunya tentang energi kelistrikan.

“Karena hari ini listrik menjadi kebutuhan dasar untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya,” kata Irman.

Oleh karena itu, AJI Lhokseumawe mengadakan kegiatan edukasi atau pelatihan ini untuk menambah pengetahuan para wartawan terkait industri kelistrikan. Sehingga wartawan mampu menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas dalam memenuhi hak publik untuk tahu.

"Jadi, berita yang disampaikan kepada publik akurat, mendidik, dan tentunya juga berjalannya fungsi social control dengan baik dan benar," ujar Irmansyah didampingi Sekretaris AJI Lhokseumawe Jafaruddin.

Usai mengikuti tiga sesi penyampaian materi dan diskusi tersebut, sebagian wartawan dipandu pihak Sewatama melakukan field trip ke lokasi PLTMG Arun 2.

Komentar Pembaca

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini