Unduh Aplikasi

Warga Woyla Tertimpa Longsor di Lokasi Tambang Emas Ternyata Perempuan

Warga Woyla Tertimpa Longsor di Lokasi Tambang Emas Ternyata Perempuan
Proses pencarian korban sebelum dievakuasi. Foto: For AJNN

ACEH BARAT -  Warga Woyla, Kabupaten Aceh Barat yang meninggal dunia tertimbun longsoran Sungai Woyla saat mengindang emas, Jumat (7/8), merupakan seorang perempuan bernama Yulismawati (43), warga Desa Seumantok, Kecamatan Woyla Induk.

Saat peristiwa terjadi, koban dilaporkan sedang mengindang emas dengan cara mengorek tebing sungai. Namun nahas tanah tebing setinggi tiga meter itu mengalami longsoran dan menimpa korban.

Kepala Desa Kuala Bhee, Said Adnan, mengatakan peristiwa bermula sekira pukul 16.00 WIB, dimana Yulismawati bersama sejumlah perempuan yang didominasii kaum ibu mengindang di kawasan sungai itu.

 "Saat itu korban menggali tebing, tiba-tiba tanah tebing ambrul hingga longsor dan menimpa korban, dan korban meninggal di lokasi. Lokasi ini memang sering dijadikan tempat indang emas oleh kaum ibu-ibu dari beberapa desa," kata Kepala Desa Kuala Bhee, Said Adnan.

Baca: Warga Woyla Meninggal Dunia Tertimpa Longsoran di Lokasi Tambang Emas

Mendapat kabar tersebut, kata dia, anggota Polisi, TNI, serta BPBD dibantu warga langsung melakukan evakuasi terhadap korban. Korban sempat dibawa ke Puskesmas, namun sampai di puskesmas korban sudah dalam kondisi meninggal dunia.

"Korban sudah dievakuasi dan sudah dibawa ke puskesmas. Kini sudah dibawa pulang keluarganya untuk dikebumikan," sebut dia.

Dikatakan dia, di lokasi tempat korban meninggal merupakan lokasi yang pernah dilakukan pengecoran pada masa belanda, dan di tempat itu diyakini memiliki kandungan emas.

"Selama ini tidak banyak yang mengindang emas di lokasi itu selain kaum perempuan dan itu pun tidak banyak," ungkapnya.

IKLAN HPI
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...