Unduh Aplikasi

Warga Tenggelam di Pantai Kuala Bubon Lima Orang, Empat Warga Pidie, Satu Aceh Barat

Warga Tenggelam di Pantai Kuala Bubon Lima Orang, Empat Warga Pidie, Satu Aceh Barat
Samsuardi warga Pidie yang tenggelam dan ditemukan selamat. Foto: AJNN/Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Warga yang tenggelam di Pantai Kuala Bubon, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, bertambah menjadi lima orang dari sebelumnya dilaporkan berjumlah tiga orang.

Dari lima yang tenggelam, dua diantaranya selamat. Adapun warga yang selamat yakni Samsuardi (42), warga Kabupaten Pidie, dan Rahmat (23), warga Desa Drien Mangko, Desa Woyla Induk, Kabupaten Aceh Barat dan tiga merupakan anak-anak keluarga dari Samsuardi.

Berdasarkan informasi terbaru yang diperoleh Samsuardi, korban selamat saat itu tenggelam ketika sedang mandi sekitar seratus meter dari bibir pantai bersama satu orang anaknya, dan dua merupakan keponakannya.

Namun nahas, saat sedang asyik mandi, korban terseret ombak besar sehingga terbawa ketengah laut, dan tenggelam. Samsuardi saat itu berusaha menyelamatkan anak dan keponakannya dengan cara memeluk, namun ia ikut terseret ombak.

Berdasarkan informasi salah seorang saksi mata yakni Amin Rais, rekan dari Rahmat, saat itu Samsuardi bersama dua keponakannya dan satu anaknya yaitu Riski Saputra (10), Mumawarah, (15), dan Alla Azura (13) warga Desa Mesjid, Kecamatan Grong Grong, Kabupaten Pidie sedang asyik mandi.

"Saat itu Bapak ini (Samsuardi) ikut mandi sama anaknya. Dan saya yang saat itu juga mandi bersama Rahmat, melihat mereka terbawa ombak. Lalu rekan saya Rahmat bilang itu ada yang tenggelam, namun saya tidak percaya karena melihat bapak itu merangkul anaknya yang tiga ini saya kan nggak percaya," kata Amin Rais.

Melihat situasi tersebut, kata dia, Rahmat langsung berenang kearah keempat korban dengan tujuan menyelamatkan keempat warga Pidie tersebut.

Baca: Tiga Orang Tenggelam di Pantai Kuala Bubon

Namun karena ombak besar, kata Ami. Rais, Rahmat ikut terseret lantaran kehabisan tenaga saat berenang. Melihat kondisi itu, kata Amin, ia langsung menyelamatkan rekannya itu.

"Karena saya melihat Rahmat sudah lemas dan tergulung saya langsung selamatkan dan membawa kedaratan," ungkapnya.

Tidak lama setelah berhasil menyelamatkan Rahmat, cerita Amin, lalu ia melihat Samsuardi, sedang tergulung ombak sendirian.

Melihat kondisi itu, ia bersama lima rekannya yang lain yang saat itu berada di tepi pantai langsung berenang sekitar seratus meter dari bibir pantai atau lokasi keberadaan korban Samsuardi menyelamatkannya.

"Setelah itu kami berlima langsung berenang sekitar seratus meter dari posisi korban dan berhasil menyelamatkannya," ungkap Amin.

Kini Samsuardi dan Rahmat terpaksa dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Cut Nyak Dhien (RSUDCND) Meulaboh, karena korban pingsan dan sempat kehabisan oksigen.

Komentar

Loading...