Unduh Aplikasi

Warga Sunting Bandar Pusaka Tolak Tambang Galian C di Kampung Mereka

Warga Sunting Bandar Pusaka Tolak Tambang Galian C di Kampung Mereka
ilustrasi. Foto: Net

ACEH TAMIANG - Warga Kampung Sunting, Kecamatan Bandar Pusaka, Aceh Tamiang menolak beroperasinya tambang galian C di kampung mereka. Pasalnya, warga khawatir akan terjadi bencana alam nantinya.

Menurut informasi diperoleh AJNN, Sabtu (2/6) penolakan terhadap pengoperasian galian C tersebut dilakukan oleh warga Kampung Sunting dengan cara menyurati Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh untuk meminta agar dicabut izin galian C di kampung mereka.

Datok Penghulu (Kepala Desa-red) Kampung Sunting, Azhari yang dikonfirmasi AJNN via telepon genggamnya membenarkan warganya menolak tambang galian C yang dibangun di Dusun Melati.

"Penolakan dilakukan karena dikhawatirkan akan terjadi bencana seperti erosi pinggir sungai, pencemaran air, hilangnya pendapatan ekonomi masyarakat yang mengambil jasa sekop batu dan pasir serta terhalangnya perencanaan BUMK yang seharusnya menjadi PAD Kampung," kata Datok Penghulu.

Datok mengaku penolakan galian C tersebut sudah dilakukan musyawarah bersama antara masyarat dan perangkat kampung.

"Hasil musyawarah yang dilakukan beberapa waktu lalu, seluruhnya sepakat menolak galian C atas nama Ahmad Darwis itu," ujar Datok Penghulu.

Komentar

Loading...