Unduh Aplikasi

Warga Suak Seumaseh Amankan Enam Boat Nelayan Gunakan Pukat Trawl

Warga Suak Seumaseh Amankan Enam Boat Nelayan Gunakan Pukat Trawl
Ilustrasi, penangkapan ikan dengan mengunakan jaring pukat Trawl. Foto : awionline.org

ACEH BARAT - Sebanyak enam unit boat berkapasitas 5 Grass Tonage (GT) yang menggunakan pukat harimau (Trawl) diamankan warga Desa Suak Seumaseh, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, pada Rabu (4/10). Enam unit boat yang menggunakan alat tangkap pukat harimau tersebut diamankan warga, sekitar lima ratus meter dari bibir pantai di Desa Setempat.

Diamankan sebanyak lima unit boat berkapasitas 5 GT tersebut, lantaran warga setempat kesal dengan aksi penangkapan ikan menggunakan pukat harimau sehingga menyebabkan bibit ikan dan udang di wilayah perairan setempat hilang.

Panglima laot Suak Seumaseh, Muhibuddin mengatakan sejak seringnya beroperasi pukat trawl di kawasan itu membuat hasil penangkapan warga selama ini berkurang.

Padahal, kata dia, selama ini warga Desa Suak Seumaseh yang hampir 85 persen dari 126 Keluarga (KK), bermata pencarian sebagai nelayan tradisional dengan alat tangkap sederhana.

“Mereka hanya mengandalkan kapal boat kecil 40 BK dengan jarak tangkap 7000 meter dari garis pantai. Tapi setelah seringnya aktivitas pukat trawl di bibir pantai kami, hasil tangkapan nelayan mulai minim. Makanya kami kesal dengan keberadaan pukat trawl ini," kata Panglima Laot Suak Seumaseh, Muhibuddin.

Ia mengatakan, pengejaran dan penghadangan aktivitas terhadap enam pukat trawl tersebut, dilakukan warga dengan menggunakan puluhan unit kapal boat. Dalam kejadian itu, kata dia, warga sempat marah hingga menabrak dua boat tersebut hingga rusak.

"Enam kapal boat pukat trawl yang kami amankan, milik nelayan dari Desa Kuala Bubon dan Pucok Lung, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat," ungkapnya

Selain mengamankan enam boat yang menggunakan alat tangkap pukat trawl, kata Muhibuddin, warga juga menyita sekitar 50 Kg udang dan ikan hasil tangkapan menggunakan jaring pukat trawl.

Komentar

Loading...