Unduh Aplikasi

JURNALIS WARGA

Warga Seuneubok Teungoh Belum Paham Pentingnya Identitas Hukum

Warga Seuneubok Teungoh Belum Paham Pentingnya Identitas Hukum
ilustrasi. Foto: Net


ACEH BARAT - Masih banyak warga Desa Seuneubok Teungoh, Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat belum mengurus akta kelahiran bagi anak mereka.

Hal ini disebabkan oleh masih adanya pemahaman belum pentingnya terkait kepemilikan akta kelahiran.

Sriyani, (40) misalnya, dirinya mengaku selama ini tidak mengurus akta kelahiran bagi anaknya karena dianggap belum penting. Sriyani baru menganggap penting akta kelahiran saat memenuhi persyaratan administrasi dalam kepengurusan yang berhubungan dengan anaknya.

“sekarang anak saya Faisal sudah masuk TK dan diminta akta kelahiran barulah saya mau mengurus,” kata Sriyani, kepada JW seuneubok Teungoh, Minggu, (27/8).

Menanggapi hal itu Kepala Urusan (Kaur) Pemerintahan, Pemerintah Desa setempat, Kamaruzzaman, mengatakan saat ini pihaknya langsung melakukan verifikasi dari rumah ke rumah terkait legal identitas warganya.

Ditambahkannya, jika ada warga yang belum memiliki identitas hukum maka pihaknya akan membantu melakukan pengurusan terkait dengan identitas hukum itu.

Untuk tahap pertama, kata Kamaruzzaman, mereka terlebih dahulu mengurus Kartu Keluarga (KK), karena tanpa KK maka akan menyulitkan warga dalam mengurus akta kelahiran maupun akta kematian, lantaran itu merupakan prasyarat awal.

“Untuk kepengurusan KK saat ini sudah selesai dan kita sudah antarkan ke Disdukcapil. Setelah itu baru nanti kita urus akta kelahiran dan akta kematian warga yang belum miliki,”katanya.

Kebijakann jemput bola itu kata dia, dilakukan untuk mengejar cakupan kepemilikan akta kelahiran dan akta kematian warga desa setempat.

Hilda Mariana.|Jurnalis Warga Seuneubok Teungoh 

Komentar

Loading...