Unduh Aplikasi

Warga Pantee Cereumen Harus Berjuang untuk Hak Mereka

Warga Pantee Cereumen Harus Berjuang untuk Hak Mereka
Zaini Abdullah pada kegiatan rapat umum terbatas. Foto: Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Tokoh masyarakat Pantee Cereumen, Aceh Barat, Abdul Jalil, mengajak masyarakat untuk tidak melupakan jasa Gubernur Aceh Zaini Abdullah. Sosok Zaini dinilai berjasa untuk daerah tersebut.

“Kita jangan terlalu cepat melupakan kebaikan yang kita terima,” kata Abdul Jalil dalam orasi politiknya pada kegiatan rapat umum terbatas antara masyarakat Pantee Cereumen dengan Abu Doto, sapaan Zaini Abdullah, di Lapangan Pasie Sira, Desa Keudee Suak Awee, Minggu (20/11) .

Menurut Jalil, salah satu jasa yang dilakukan Abu Doto untuk masyarakat Pantee Cereumen adalah tidak memberikan izin usaha perkebunan budidaya (IUPB) kepada PT Sari Inti Rakyat (SIR). Bahkan atas sikap itu, Zaini menanggung risiko digugat oleh perusahaan melalui Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

"Meski digugat beliau tetap tenang hingga beliau menang di PTUN Banda Aceh, namun karena kalah penggugat melakukan banding di PTUN (Pengadilan Tinggi Tata Usaha) Medan dan Abu Doto selaku tergugat kalah, namun Abu Doto bersama kuasa hukumnya lakukan banding, alhamdulillah menang," kata Jalil.

Dia menegaskan bahwa sikap yang dilakukan oleh Abu Doto itu adalah sesuatu yang baik dan harus diapresiasi. Tugas seorang Gubernur, kata Zaini Abdullah, adalah melindungi hak-hak warganya. Zaini, kata Jalil, membela apa yang menjadi hak masyarakat sebagai sebuah komitmen yang tidak bisa ditawar- tawar.

Setelah menang atas gugatan yang dilakukan manajemen PT SIR, Abu Doto, kata dia, mengeluarkan rekomendasi untuk pembatalan izin Hak Guna Usaha (HGU) untuk PT SIR yang dilayangkan kepada Kantor Wilayah Badan Pertanahan (BPN) Aceh. Namun sayangnya rekomendasi tersebut tidak diindahkan oleh BPN.

"Melihat kondisi ini, kami khwatir jika Abu Doto tidak lagi memimpin, maka HGU ini akan dikuasai lagi oleh PT SIR. Jika kembali dikuasai, maka warga kita di Pantee Cereumen akan dirundung duka lagi karena hak- haknya tidak diperhatikan," kata Jalil.

Melihat persoalan ini, kata dia, maka masyarakat Pantee Ceurmen khususnya, harus berjuang untuk memenangkan Abu Doto sehingga tanah ini akan dikuasai oleh negara dan akan digunakan untuk kemakmuran masyarakat daerah itu, seperti yang diamanahkan Undang- Undang Dasar 1945 yang tercantum dalam pasal 33.

Komentar

Loading...