Unduh Aplikasi

Warga Nagan Raya Hadang Kedatangan WNA Asal China

Warga Nagan Raya Hadang Kedatangan WNA Asal China
Warga menghadang kedatangan WNA asal China di Nagan Raya. Foto: For AJNN

NAGAN RAYA - Tenagan Kerja Asing (TKA) asal China mendapatkan pengusiran dari warga Desa Langkak, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya, Selasa (31/3) malam. Ketujuh WNA tersebut merupakan pekerja di Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 3 dan 4. Alasan warga mengusir kedatangan WNA tersebut untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus corona (Covid-19).

Informasi yang diterima AJNN, seluruh TKA asal China itu tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Aceh Besar, Selasa sore. Bahkan video kedatangan mereka sempat viral di media sosial.

Dalam rekaman video berdurasi 0.43 detik itu terlihat mereka berjumlah tujuh orang, dengan menenteng tas keluar dari bandara dan langsung masuk ke dalam dua mobil yang sudah menunggu mereka.

Setelah diusir dari Desa Langkak yang merupakan mess pekerja PLTU, kemudian WNA tersebut dibawa ke PLTU yang berada Dusun Gelanggang Merak, Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir. Disana mereka kembali dihadang oleh warga setempat di portal masuk ke PLTU.

WNA asal China yang ditolak masuk di Nagan Raya. Foto: For AJNN

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II B Non TPI Meulaboh, Azhar, ketika dikonfirmasi AJNN mengaku belum bisa memastikan apakah WNA tersebut baru memasuki Aceh atau sudah memiliki izin tinggal di Banda Aceh.

"Petugas kami belum mengkonfirmasi apakah ini WNA baru masuk atau WNA yang sudah punya izin tinggal di Aceh. Namun yang jelas tempat pemeriksaan Imigrasi ada di Banda Aceh, tapi sudah tidak dibuka," kata Azhar, Rabu (1/4).

Ia juga mengungkapkan sejauh ini untuk penerbangan internasional telah ditutup oleh pemerintah. Bahkan, kata Azhar, petugas Imigrasi Meulaboh tadi malam telah turun ke lokasi di wilayah Nagan Raya, namun ia belum memperoleh laporan terhadap sejumlah WNA yang dikabarkan saat ini telah berada di Nagan Raya tersebut.

"Petugas kami tadi malam ada di lapangan bersama tim, tapi sampai saat ini belum ada konfirmasi terkait WNA ini. Nanti kami infokan lagi kalau sudah jelas kronologisnya," balas Azhar lewat pesan singkatnya.

Sementara itu, informasi terakhir yang diterima AJNN, tadi malam seluruh WNA langsung kembali ke Banda Aceh, untuk diterbangkan lagi ke Jakarta.

Komentar

Loading...