Unduh Aplikasi

Warga mulai bersihkan lumpur banjir bandang

Warga mulai bersihkan lumpur banjir bandang
Bersihkan lumpur, Foto: Kompas
ACEH TENGAH - Korban banjir bandang di Dusun Kala Empu, Kampung Lumut, Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah, Kamis (13/11) sore mulai membersihkan lumpur yang menumpuk dalam rumah mereka.

“Bantuan masa panik juga telah disalurkan baik dari pemerintah provinsi maupun daerah Aceh Tengah, dan diperkirakan Jum’at (14/11) pagi, masyarakat dapat kembali ke rumah masing-masing,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tengah Jauhari Kamis (13/11) sore.

Disamping itu tambahnya, selain bantuan masa panik, juga disalurkan bantuan berupa uang sebanyak Rp.2 Juta, untuk rehab satu rumah warga yang rusak ringan akibat terjangan banjir bandang itu.

Asal usul banjir itu sendiri menurut Jauhari, terjadi karena derasnya aliran air yang turun dari pegunungan, sehingga sungai yang ada di kecamatan Linge itu tak sanggup menampungnya dan kemudian meluap ke perkampungan.

“Di pinggir sungai itu sekarang banyak sekali kayu balok yang di bawa arus air, makanya saya sangat yakin tingginya pembalakan liar di atas gunung yang tidak jauh dari sungai itu,” ucapnya.

Kondisi illegal loging lanjut Jauhari, semakin memprihatinkan di wilayah Aceh Tengah. Banyak gunung telah gundul dan bencanan longsor terjadi dimana-mana.

“Ini harus segera mendapat perhatian serius dari pemerintah melalui dinas Kehutanan untuk menjaga kelestarian hutan,” katanya

NUSI
Iklan Kriyad

Komentar

Loading...