Unduh Aplikasi

Warga miskin di Banda Aceh dapat rumah

BANDA ACEH– Warga Miskin di Banda Aceh mendapatkan rumah fakir miskin dari Baitul Mal Aceh dan Baitul Mal Banda Aceh.

Rumah yang sering disebut dengan sebutan rumah dhuafa ini diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Saaduddin Djamal SE kepada tiga warga miskin Banda Aceh, Rabu (17/12) di Gampong Suka Damai, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh.

Jamariah, Irwansyah dan Adrian adalah tiga warga miskin yang langsung mendapatkan kunci rumah tersebut dari Wali Kota.

Dalam sambutannya Illiza mengharapkan bantuan yang diberikan ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya dan benar-benar bermanfaat untuk melancarkan kegiatan sehari-hari yang lebih baik, lebih maju dan bermanfaat.
Kata Illiza, kebutuhan masyarakat miskin tidak terbatas pada kebutuhan konsumtif tetapi juga kebutuhan perumahan harus ditangani.

“Rumah sehat dan yang layak huni adalah kebutuhan setiap orang seperti layaknya kebutuhan memperoleh pekerjaan dan penghidupan yang layak sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Dasar” ujar Illiza.

Sementara itu, Kepala Baitu Mal Provinsi Aceh Armiadi Musa MA, mengatakan pihaknya pada tahun 2014 telah membangun 1000 unit rumah untuk fakir miskin di seluruh Aceh. Rumah seharga Rp 57.000.000 tersebut diperuntukkan 33 unit untuk Kota Banda Aceh.

“Kenapa Banda Aceh hanya 33 Unit, ini sesuai dengan data warga miskin yang kita dapatkan dari BPS” ungkap Armiadi.

Armiadi juga menjelaskan, ada perbedaan kontruksi rumah yang dibangun oleh Baitul Aceh dan Baitul Mal Banda Aceh.

“Rumah yang dibangun Baitul Mal Aceh seharga Rp 57 juta, sedangkan yang dibangun Baitul Mal Kota Banda Aceh seharga Rp 80 juta.Ini kan rumahnya berdekatan, pasti timbul tanda tanya kenapa yang satu full keramik yang satunya lagi tidak, ya itu tadi karena budgetnya beda, kita Rp 57 juta tapi bangunnya 1000 unit” jelas Armiadi.


Sementara itu, Kepala Baitul Mal Kota Banda Aceh, Safwani menyampaikan bahwa pihaknya juga telah membangun 30 unit rumah fakir miskin dengan sumber dana zakat, infak dan sedeqah yang dikumpulkan oleh Baitul Mal Kota.
“Selain membangun 30 unit rumah baru, kita juga merenovasi 5 rumah warga miskin ditahun ini. Total anggaran semuanya mencapai Rp 2,6 M” ungkap Safwani.
Dalam kesempatan tersebut, Safwani juga mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengumpulkan zakat dari jajaran Kapolresta Banda Aceh pada tahun 2014 sebesar Rp 1,3 M.

“Ini baru dari jajaran Kapolresta lagi, InsyaAllah kedepan dari jajaran Kodim juga akan melakukan hal yang sama, mungkin dalam waktu dekat kami akan melakukan komunikasi dengan Dandim dan jajarannya,” ujar Safwani.

SP

Komentar

Loading...