Unduh Aplikasi

Warga Lamno Keluhkan Pelayanan Air Bersih PDAM Tirta Monmata

Warga Lamno Keluhkan Pelayanan Air Bersih PDAM Tirta Monmata
Penanganan kendala suplai air bersih ke beberapa desa di Lamno, Aceh Jaya. Foto: For AJNN.

ACEH JAYA - Sebagian warga Lamno yang tinggal di Desa Ujong Muloh dan desa Gle Jong Kuala Daya, Kecamatan Jaya, kabupaten setempat mengeluhkan suplay air bersih SPAM Tirta Monmata Aceh Jaya yang hampir tiga bulan macet.

Salah satu anggota Tuha Peut Gampong Ujong Muloh, Hasanon kepada AJNN mengakan, warga desanya bersama warga desa Kuala Daya sudah hampir tiga bulan kesulitan air bersih dari PDAM BLUD SPAM Tirta Monmata Aceh Jaya.

"Ada beberapa desa di sini yang air bersih dari PDAM terputus hampir tiga bulan," kata Hasanon.

Oleh sebab itu, pihaknya meminta kepada pihak BLUD SPAM Tirta Monmata Aceh Jaya untuk secepatnya memperbaiki mengingat bulan maulid sudah di depan mata.

"Kalau bisa kita menginginkan sebelum bulan maulid air di desa kami kembali normal seperti biasanya, karena sangat sulit jika ada kanduri atau pas lagi maulid tetapi air bersihnya tidak ada," pintanya.

Sementara itu, Kepala BLUD SPAM Tirta Monmata Aceh Jaya, Muhadi yang dihubungi AJNN mengatakan jika pihaknya sudah mulai turun ke lapangan untuk memperbaiki jaringan-jaringan yang tersumbat atau bocor sehingga distribusi air bersih bisa kembali lancar secepatnya.

"Tim kita sudah mulai turun untuk mencari titik yang menjadi penyebab terhentinya suplai air bersih sejak tanggal 14 Oktober lalu, dan untuk hari ini khusus desa Kuala Daya sudah mulai teraliri walaupun belum maksimal," terang Muhadi.

Untuk saat ini anggota SPAM IKK Lamno dan dibantu oleh petugas bagian produksi dan distribusi BLUD SPAM Tirta Monmata diarahkan untuk fokus pada kelancaran suplay air bersih ke desa Ujong Muloh dan Kuala Daya.

Selain itu, pihaknya juga mengaku jika tersumbatnya distribusi air ke desa Kuala Daya baru 5 hari yang lalu serta di desa Ujong Muloh baru sekitar seminggu yang lalu.

"Kalau laporan yang kita terima dari SPAM IKK Lamno baru sekitar seminggu yang lalu airnya terhenti distribusi, bukan 3 bulan," jelasnya.

Oleh sebab itu, pihaknya juga memohon kepada masyarakat yang mengetahui ada kebocoran pipa untuk dapat memberitahukan kepada petugas agar segera dapat diperbaiki.

Komentar

Loading...