Unduh Aplikasi

BANJIR ACEH BARAT

Warga Khawatir Limbah Kelapa Sawit PT ASN Bercampur dengan Banjir

Warga Khawatir Limbah Kelapa Sawit PT ASN Bercampur dengan Banjir
Warga saat menaiki sampan dalam rumahnya. Foto: Ist

ACEH BARAT - Warga Desa Gunong Pulo, Kecamatan Arongan Lamabalek, Kabupaten Aceh Barat, mengkwatirkan limbah kelapa sawit milik PT Agro Sinergi Nusantara (ASN), yang selama ini beroperasi di kecamatan setempat masuk kepemukiman warga.

Pasalnya tempat penampungan limbah kelapa sawit milik PT ASN dilaporkan saat ini bocor disebabkan oleh hujan deras yang terus terjadi selama dua pekan terakhir.

"Kami takut limbah kelapa sawit milik PT ASN masuk kepemukiman karena bercampur dengan air genangan banjir dipemukiman kami. Karena saya dapat informasi tempat tampung limbah sawit mereka pecah," kata Sektaris Desa Gunong Pulo, Kecamatan Arongan Lambalek, Bustami Salba, Kamis (31/10).

Adanya kekhawatiran itu, kata dia, lantaran lokasi keberadaan saluran pembuangan air milik perusahaan tersebut sudah pasti akan bercampur dengan tempat penampungan limbah, dan airnya langsung mengalir ke Sungai Lambalek.

Baca: Banjir Gunong Pulo Air Hampir Capai Dua Meter, Warga Mulai Mengungsi

Untuk itu, ia meminta perhatian khusus kepada pihak perusahaan tersebut menjaga tempat penampungan limbah milik mereka agar tidak sampai mengalir ke sungai. Pasalnya jika itu terjadi, akan mengancam biota sungai serta berdampak buruk bagi warga.

Ditambahkannya, selama ini perusahaan tersebut terkesan acuh dengan kedangkalan yang terjadi di sungai tersebut, padahal menurutnya perusahaan itu ikut punya tanggung jawab dan peran menjaga agar aliran sungai cukup normal.

"PT ASN seperti merasa tidak punya tanggung jawab. Selama beroperasi tidak pernah ada perhatian bagi warga, termasuk menormalisasi sungai," ujarnya.

Komentar

Loading...