Unduh Aplikasi

Warga Keude Panteraja Protes BLT DD Tahap II Tak Disalurkan

Warga Keude Panteraja Protes BLT DD Tahap II Tak Disalurkan
Ilustrasi. Foto: Net

PIDIE JAYA - Masyarakat Keude Panteraja, Kecamatan Panteraja, Pidie Jaya, melakukan protes akibat tidak dicairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap II.

Muliadi, Kepala Dusun Keude Panteraja kepada AJNN, Senin (28/9) mengatakan, puluhan warga kaum hawa mendatangi surau gampong setempat guna mempertanyakan perihal BLT tahap II yang hingga saat ini belum disalurkan di gampong itu.

Padahal, menurut informasi yang diperolehnya, semua gampong di Pidie Jaya BLT yang berjumlah Rp 900 ribu untuk tiga bulan setiap keluarga penerima BLT telah disalurkan.

“Warga mendatangi meunasah (surau) untuk mempertanyakan BLT yang tiga bulan terakhir ini, padahal gampong lain sudah menyalurkan BLT ini. Kalau BLT yang Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan, sudah disalurkan. Tetapi yang tiga bulan terakir (Rp 300 ribu perbulan) belum disalurkan,” kata Muliadi melalui sambungan seluler.

Muliadi menambahkan, di gampong tersebut penerima BLT DD sebanyak 262 Kepala Keluarga (KK). Dan semuanya penerima tersebut belum mendapat BLT tahap II ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Pidie Jaya, Mukhlis yang dikonfirmasi AJNN menjelaskan, Gampong Keude Panteraja memang tidak dapat disalurkan BLT DD tahap II ini. Hal itu dikarenakan, dana desa gampong tersebut tidak cukup untuk dapat menyalurkan BLT.

“Ia benar, Gampong Keude Panteraja tidak dapat menyalurkan BLT DD tahap II ini, dana desa di gampong tersebut tidak cukup dana karena banyak penerima di gampong itu. Sementara BLT tapap I atau yang Rp 600 ribu per bulan itu sudah disalurkan semuanya,” jelas Mukhlis.

Mukhlis menambahkan, selain Gampong Keude Panteraja, terdapat dua gampong lainnya di Pidie Jaya yang tidak dapat menyalurkan BLT DD tahap II. Namun, gampong-gampong itu telah dilaporkan ke Pusat, agar ada penambahan dana desa bagi gampong itu untuk penyaluran BLT DD tahap II.

“Ada dua gampong lagi selain Gampong Keude Panteraja yang tidak dapat menyalurkan BLT DD tahap II karena tidak cukup lagi dana desa. Tapi kami sudah mengusulkan ke Pusat agar ada penambahan dana, dan Insyaallah tahun ini ada penambahan dana untuk tiga gampong itu untuk penyaluran BLT yang tiga bulan terakhir ini,” sebutnya.

Komentar

Loading...