Unduh Aplikasi

Warga Keracunan Amoniak, PT. PIM akan Digugat

Warga Keracunan Amoniak, PT. PIM akan Digugat

ACEH UTARA - Insiden keracunan masal akibat meluapnya gas amoniak terhadap ratusan warga Kecamatan Dewantara beberapa hari lalu menjadi perhatian serius sejumlah aktivis lingkungan.

"Kejadian tersebut sudah kesekian kalinya. Bahkan yang kemarin jadi kejadian luar biasa. Tidak bisa terus-terusan ditolerir," ujar aktivis LSM Sahara, Dahlan saat dikonfirmasi AJNN, Selasa, (15/11).

Oleh sebab itu, kata Dahlan, sejumlah aliansi aktivis lingkungan berencana menempuh jalur hukum terkait insiden tersebut.

"Kita sangat kecewa dan menyayangkan insiden seperti itu terulang lagi. Dulu PIM pernah berjanji tidak akan melepas amoniak yang menyebabkan korban, dan selalu saja berjanji, namun kejadian kemarin membuktikan PIM tidak komit, bahkan jumlah jatuhnya korban cukup besar" tegasnya.

Dahlan menambahkan, insiden keracunan tersebut merupakan salah satu bentuk pelanggaran HAM berat dan telah melanggar hukum. Apalagi telah mengacam nyawa masyarakat.

“Ini tidak bisa dibiarkan. Dalam waktu dekat kita akan bahas langkah hukum untuk menggugat PIM" imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Produksi, Teknik dan Pengembangan PT PIM, Dwi Satriyo Annurogo mengatakan pihaknya tidak masalah jika ada pihak yang ingin menggugat.

"Kami persilahkan untuk digugat secara hukum, dan kami selaku pihak yang taat hukum siap menjalan proses tersebut,” ujarnya singkat.

Komentar

Loading...