Unduh Aplikasi

Warga Keracunan Amoniak, PIM Tanggung Jawab Penuh

Warga Keracunan Amoniak, PIM Tanggung Jawab Penuh
ilustrasi. Foto: Net

ACEH UTARA - PT. Pupuk Iskandar Muada (PIM) mengaku bertanggung jawab penuh terhadap meluapnya gas amoniak ke udara yang berakibat ratusan warga Kecamatan Dewantara keracunan dan mengalami gangguan pernafasan karena terhirup zat tersebut, kemarin sore.

"Saat dilakukan start untuk mengoperasikan pabrik amoniak terjadi fluktuasi tekanan pada sistem proses sehingga desain katup pengaman 61-SV-1220 otomatis terbuka yang berakibat terjadinya paparan gas amoniak ke udara," ujar Staf Sekper Bidang Antar Lembaga PT PIM, Zuchdi, kepada AJNN, Minggu, (13/11).

Pihaknya menambahkan, akan bertanggung jawab penuh terhadap pengobatan dan perawatan para korban.

"Terkait korban warga yang saat ini masih mendapat perawatan intensif antara lain di Rumah Sakit PT Arun dan Klinik PIM. Kita akan bertanggung jawab penuh terhadap penyembuhan warga yang terkena dampak paparan gas ini" ungkapnya.

Sebelumnya pihaknya menjelaskan, aktivitas pabrik sudah terhenti sementara sejak Rabu (9/11), karena adanya gangguan suplai gas ke PT. PIM. Baru pada Sabtu operasi pabrik produksi amoniak dihidupkan kembali hingga akhirnya terjadi insiden tersebut.

Komentar

Loading...