Unduh Aplikasi

Warga Keluhkan Jalan Berlumpur di Lhokseumawe, Diduga Akibat Galian C

Warga Keluhkan Jalan Berlumpur di Lhokseumawe, Diduga Akibat Galian C
Kendaraan melintas di kawasan jalan berlumpur. Foto: AJNN/Sarina

LHOKSEUMAWE - Warga Gampong Panggoi, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe mengeluh akibat jalan utama desa tersebut berlumpur. Hal itu terjadi diduga akibat galian C yang beroperasi di kawasan tersebut.

Pantauan AJNN, jalan berlumpur layaknya seperti kubangan kerbau itu terjadi di jalan utama penghubung desa setempat. Sejumlah kendaraan yang melintas bahkan terjebak di kawasan tersebut.

Salah seorang warga di Dusun A, Gampong Panggoi, Rohaya (47) mengatakan, pengusaha galian C tetap saja beroperasi meskipun kondisi jalan dan sejumlah infrastruktur lainnya rusak.

“Kejadian seperti itu sudah berlangsung lebih kurang dua bulan, dan ini sangat mengganggu penduduk yang ada di daerah ini, jalan menjadi rusak karena truk pengangkut galian C yang melintas,” katanya, Rabu (30/9).

Sementara itu, Keuchik Gampong Panggoi, Arifin mengatakan, pihaknya selaku perangkat desa sudah mencoba menegur pelaku galian C yang beroperasi di kawasan tersebut, dan meminta segala infrastruktur yang rusak diperbaiki.

“Saya sudah pernah menegur secara lisan, supaya jika mengalami kerusakan diperbaiki, dan jika berlumpur harus dibersihkan. jalan yang mengalami kerusakan berjarak satu kilo, namun yang berlumpur sekitar lebih kurang 30 meter,” kata Arifin kepada sejumlah awak media.

Sambungnya, jalan tersebut merupakan jalan utama penghubung antar desa, awalnya dibangun menggunakan anggaran APBK bukan menggunakan dana desa. Sehingga jika pun mengalami kerusakan, perbaikan dilakukan menggunakan dana APBK.

“Bagi masyarakat yang merasa dirugikan dan keberatan dengan kondisi tersebut, silahkan laporkan saja kepada aparat keamanan. Dan pelaku galian C juga harus memahami itu. Apalagi karena truk sering melintas mengakibatkan pipa air PDAM bocor sehingga mengakibatkan lumpur di kawasan itu,” tutur Arifin.

Komentar

Loading...