Warga Keluhkan Irigasi Sawang Aceh Utara Tak Berfungsi

Warga Keluhkan Irigasi Sawang Aceh Utara Tak Berfungsi
Foto: Dok warga.

ACEH UTARA - Masyarakat empat gampong di Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara mengeluhkan saluran irigasi yang kerap tidak berfungsi. Air tersebut digunakan untuk mengairi ratusan hektare sawah dan kebutuhan rumah tangga.

Empat desa yang berdampak akibat tidak berfungsinya irigasi tersebut yakni, Gampong Gunci, Kubu, Lhokcut dan Siblah Krueng.

Informasi yang dihimpun AJNN, bangunan irigasi tersebut lebih tinggi daripada saluran air. Sehingga air dari hulu hingga hilir tidak bisa teraliri.

Uniknya, biasanya banyak irigasi yang mengalami kekeringan di musim kemarau, namun di daerah itu malah kekeringan di musim hujan. Karena saat musim hujan air bah membesar.

Salah seorang warga, Asadi mengatakan, irigasi tersebut merupakan saluran utama untuk mengaliri lebih kurang 100 hektare sawah di empat desa itu. 

Karena saluran tidak berfungsi masyarakat memutuskan untuk membuat karung berisikan pasir serta tanah untuk dijadikan tanggul dengan mengumpulkan biaya secara sukarela Rp20 ribu per orang. Hal ini dilakukan warga saat hulu irigasi rusak.

Baca Selanjutnya...
Halaman 12
Editor:

Komentar Pembaca

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini