Unduh Aplikasi

PERINGATAN 12 TAHUN TSUNAMI

Warga Desa Pasir Bangun Monumen Tsunami Pakai Dana Desa

Warga Desa Pasir Bangun Monumen Tsunami Pakai Dana Desa

ACEH BARAT - Dengan menggunakan Dana Gampong, warga Gampong Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat membangun monumen bersejarah berupa tugu tsunami.

Keuchik Gampong Pasir, Romi Jaya Saputra, kepada wartawan, Senin, (26/12) mengatakan monumen tersebut dibangun untuk mengenang peristiwa tsunami yang menghancurkan Aceh, terutama desa tersebut.

“Kebetulan Gampong Pasir saat itu merupakan daerah terparah terkena Tsunami, jadi untuk mengenangnya maka kami bangun tugu disini. Untuk jumlah korban hilang dan meninggal yang tercatat ditugu ini ada 603 sesuai pendataan ulang yang kita lakukan,” kata Keuchik Romi.

Dikatakannya, pembangunan menumen itu merupakan hasil kesepakatan warga Gampong yang mencuat dalam Musrembang Gampong. Usulan itu, ucapnya, setelah melihat di Aceh Barat yang merupakan salah satu daerah di Aceh yang terparah terkena tsunami namun belum ada monumen tsunami baik yang dibangun Pemerintah Kabupaten maupun Gampong lainnya.

Selain monumen tsunami, kata dia, di lokasi berukuran 15 meter x 60 meter juga dibangun fasilitas permainan anak dan beberapa fasilitas lainnya melalui anggaran program pesisir tangguh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Selain itu, melalui anggaran desa nanti pihaknya juga akan membangun kantin tempat bersantai para pengunjung, sehingga para pengunjung baik lokal maupun luar bisa nyaman.

“Dengan kami bangun cafe disini nantinya juga akan memiliki Pendapan Asli Gampong,” ujarnya.

Komentar

Loading...