Unduh Aplikasi

Warga Cot Mee Blokir Jalan Menuju Perkebunan Fajar Baizury

Warga Cot Mee Blokir Jalan Menuju Perkebunan Fajar Baizury
Warga memasang patok dengan cara memblokir lahan menuju lahan milik PT Fajar Baizury & Brothers. Foto: Ist

NAGAN RAYA - Warga Desa Cot Mee, Kecamatan Tadu Raya, Kabupaten Nagan Raya melakukan pemblokiran jalan menuju PT Fajar Baizury & Brothers, Selasa (29/10). Aksi tersebut sebagai bentuk protes warga atas dugaan penyerobotan lahan yang dilakukan perusahaan perkebunan sawit itu.

Dalam aksi yang diikuti ratusan warhga Cot Mee itu, mereka menuntut pihak perusahaan untuk mengeluarkan lahan mereka yang diduga diserobot tersebut dari Hak Guna Usaha milik PT Fajar Baizuri & Brothers.

Perwakilan warga Cot Mee, Samsuwir, mengatakan jika lahan warga yang masuk dalam HGU itu tidak dikeluarkan, maka perusahaan wajib melakukan ganti rugi.

"Kalau memang lahan itu dalam HGU mohon dikeluarkan, kalau memang mau tetap masuk dalam HGU silahkan diganti rugi dengan melibatkan pemerintahan, jangan main kucing-kucingan," kata Samsuwir.

Menurut informasi yang diperolehnya, selama ini pihak PT Fajar Baizury melakukan ganti rugi lahan kepada pihak tertentu secara diam-diam.

Selain Samsuwir, warga lainnya Nasriah menuding PT Fajar Baizury melakukan tindakan-tindakan unprosedural atau tidak sesuai aturan yang berlaku atas ganti rugi lahan.

"Kami menduga ganti rugi lahan dilakukan pada pihak-pihak tertentu yang tidak memiliki hubungan atas lahan tersebut," ujarnya.

Iklan Kriyad

Komentar

Loading...