Unduh Aplikasi

Warga Alami Gatal-Gatal Disertai Kudis, Dinkes Nagan Raya Duga Scabies

Warga Alami Gatal-Gatal Disertai Kudis, Dinkes Nagan Raya Duga Scabies
Foto: Net

NAGAN RAYA- Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya belum dapat memastikan penyebab gatal-gatal disertai kudis yang menyerang warga Desa Krueng Ceuko, Kecamatan Seunagan, Kabupaten Nagan Raya sejak tahun 2018 silam.

Sekretaris Dinkes setempat, Rafik Karim, mengatakan untuk mengetahui penyebab wabah gatal-gatal yang dialami warga, saat ini pihaknya telah menurunkan tim survei.

“Kalau dugaan sementara itu scabies. Tapi kita belum bisa pastikan pak, kita tunggu hasil dari tim Surveylance kita dulu yang sedang melakukan penelitian sejak tiga hari terakhir,” kata Rafik Karim, kepada AJNN, Minggu, (23/2).

Baca: Ratusan Warga di Nagan Raya Terserang Penyakit Gatal-gatal

Dikatakannya, jika memang penyakit yang dialami warga tersebut merupakan scabies maka ada dua penyebabnya yakni kutu air atau pun disebabkan oleh air bersih yang selama ini digunakan warga tercemar.

“Bisa jadi air yang digunakan tidak bersih karena masih adanya warga yang ODF (Open Defacation Free-red) seperti di sungai. Karena penyakit ini salah satunya disebabkan oleh pencemaran kotoran manusia mengingat warga setempat belum terbebas dari ODF atau BAB sembarangan,” sebutnya.

Scabies sendiri, kata dia, biasanya dapat menular lantaran sentuhan. Penyakit gatal-gatal yang disertai kudis biasanya, sebut Rafik, lebih rentan menyerang anak-anak dari pada orang dewasa.

Pihaknya, kata dia, akan segera melakukan penanganan terhadap warga Desa Krueng Ceuko, setelah adanya hasil dari tim surveylance sehingga akan lebih jelas tindakan yang akan diambil.

Komentar

Loading...