Unduh Aplikasi

Warga Abdya Gunakan Alat Ini Saksikan Gerhana Matahari

Warga Abdya Gunakan Alat Ini Saksikan Gerhana Matahari
Warga sedang menyaksikan gerhana matahari di Abdya, Foto: AJNN/Fakhrul Razi Anwir

ACEH BARAT DAYA - Mis dan Sandi, warga Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) memiliki cara tersendiri untuk menyaksikan fenomena gerhana matahari yang terjadi pada Kamis (26/12).

Berbekal lima buah bekas kaca nako berwarna hitam yang kemudian disusun menjadi satu, mereka menyaksikan fenomena alam yang terjadi. Dari balik kaca tersebut, ia bisa dengan jelas melihat proses terjadinya gerhana matahari, yang mulai terjadi sekira pukul 11.00 WIB.

“Pake alat ini saja, kalau tidak bisa membahayakan mata. Yang penting bisa menyaksikan juga,“ katanya kepada kepada AJNN, Kamis (26/12).

Sementara itu, bayangan seperti bulan sabit terlihat dari pantulan cahaya yang menembus dinding dan lantai melalui lubang seng rumah warga di Kabupaten Abdya, saat fenomena alam gerhana matahari terjadi.

Lis, salah seorang warga Desa Kuta Tuha, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Abdya, yang pertama kali melihat keanehan tersebut. Biasanya, lubang pada seng tersebut hanya tampak seperti cahaya bulat biasa.

“Tapi itu coba kamu lihat, seperti bentuk bulan sabit“, kata Lis.

Pantauan AJNN, bentuk bulan sabit yang terlihat melalui lubang-lubang bekas paku seng tersebut sama persis dengan bentuk gerhana matahari yang saat ini memang sedang tampak seperti bentuk bulan sabit.

Komentar

Loading...