Unduh Aplikasi

Wanita Pahlawan Kesehatan di Pidie Terima Penghargaan

Wanita Pahlawan Kesehatan di Pidie Terima Penghargaan

PIDIE - Meski usianya sudah memasuki 68 tahun, namun perempuan bernama lengkap Nur Asiah Bin Tgk M.Yusuf Hasan warga Gampong Pulo Garot, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie sampai sekarang masih memiliki semangat untuk terus mengabdi sebagai kader pos pelayanan terpadu (Posyandu) di kecamatan setempat.

Perempuan telah lanjut usia itu sudah 36 tahun mengabdi sebagai kader Posyandu di tempat dirinya tinggal, meskipun jeripayah yang diterimanya tidak memadai, namun ia benar-benar ingin mengabdi untuk melayani masyarakat.

Nur Asiah mulai aktif sebagai kader di Posyandu secara sukarela sejak tahun 1980, saat itu memang terasa cukup sulit kerena daerahnya termasuk salah satu daerah pedalaman yang ada di Kabupaten Pidie sehingga sebagian masyarakat belum memahami kesehatan.

“Saat itu ada orang tua bayi sempat menolak kehadiran saya ketika memberikan suntikan imunisasi kepada bayinya, namun setelah memberikan kepemahaman kepada orang tuanya pentingnya imunisasi terhadap bayi sehingga mereka mengerti,” kata Nur Asiah kepada wartawan usia menerima penghargaan pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 52 dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie yang diserahkan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Pidie DR. Munawar, Senin (14/11), kemarin.

Kala itu, perempuan yang sudah dikaruniai lima orang anak dan beberapa cucu itu, terus memberikan penyuluhan kesehatan dan memantau kesehatan warga terutama lansia dan anak-anak serta balita di gampongnya dengan mendatangi rumah ke rumah.

Plt Bupati Pidie, DR Munawar usai menyerahkan penghargaan tersebut mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Nur Asiah yang telah mengabdi sebagai kader Posyandu selama puluhan tahun.

Selain Nur Asiah, dua perempuan lansia lainya yakni Rabunah (72) asal warga Blang Dot dan Juwairiayah (71) Pulo Mesjid juga mendapat penghargaan yang sama dari Dinas Kesehatan Pidie.

Komentar

Loading...