Unduh Aplikasi

Wali Kota Launching Rumah Isolasi Mandiri

Wali Kota Launching Rumah Isolasi Mandiri
Foto: Ist

BANDA ACEH – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meluncurkan rumah isolasi mandiri (isoman) bagi pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Jalan Sultan Malikul Saleh, Lam Lagang, Banda Raya, pada Rabu 30 Juni 2021.

Turut hadir asisten Pemerintahan Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Faisal, Kepala Dinas Kesehatan Lukman, Kepala BPBD Rizal, Direktur RSUD Meuraxa Fuziati, General Manager Hotel Hijrah Inn Agussalim, Camat Banda Raya Faidian Faisal, dan unsur muspika setempat.

Kadis Kesehatan Kota, Luqman mengungkapkan, rumah isolasi tersebut sebelumnya beroperasi sebagai tempat penginapan (hotel) Hijrah Inn. Katanya, lokasi tersebut cukup strategis dan memenuhi standarisasi yang telah ditentukan pihak Kemenkes RI.

Wali Kota Aminullah dalam kesempatannya mengatakan, rumah isolasi itu merupakan upaya pihak pemerintah kota dalam penanganan Covid-19.

Dalam rumah isoman (isolasi mandiri) tersebut terdiri dari 26 kamar, 56 tempat tidur dan 10 extra bed. Fasilitasnya juga sangat nyaman, ada kamar mandi masing-masing, televisi, free wifi dan ruangan full AC. Aminullah pun mengajak masyarakat untuk isoman di sini apabila ada yang positif covid-19.

 “Ini adalah upaya kita untuk berjaga-jaga, karena virus ini tidak menentu, walaupun sebelumnya sempat merah dan hari ini orange, namun belum menjamin. Oleh karena itu, kita lebih baik menyiapkan terus, waspada nanti terjadinya lonjakan. Bila ada yang positif, bisa isoman di sini,” ujarnya.

Pada tahun lalu, ungkapnya, angka kematian akibat Covid-19 masih sangat minim di Banda Aceh. Akan tetapi hingga pertengahan 2021 angka itu terus bertambah tinggi, khawatirnya.

Ia pun meminta warga untuk terus patuhi prokes yang berlaku, sehingga nantinya Banda Aceh menuju zona risiko kuning, bahkan zona bebas covid (hijau).

“Kasus covid di Banda Aceh hari ini sudah semakin membaik. Banda Aceh kembali berada di zona orange. Kita imbau warga kota terus disiplin prokes, agar Banda Aceh kembali hijau atau bebas covid-19,” pungkasnya.

Usai peresmian, Aminullah beserta jajaran pun menyempatkan diri melihat langsung kamar-kamar yang akan dipakai untuk isolasi mandiri tersebut. 

Komentar

Loading...