Unduh Aplikasi

Wali Kota Jadi Irup Pernikahan Purna Praja Ghuffran Nuristan

Wali Kota Jadi Irup Pernikahan Purna Praja Ghuffran Nuristan
Foto: Ist

BANDA ACEH - Hari Sabtu (4/1), merupakan hari yang bahagia bagi purna praja, Ghuffran Nuristan S STP. Betapa tidak, resespi pernikahannya dengan Cut Mizana Imran, karyawan Bank Aceh Syariah Cabang Lhokseumawe dihadiri langsung Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM.

Bahkan, prosesi pernikahan purna praja atau yang disebut dengan prosesi Dharma Astha Brata di Gedung Hj Yusriah ini, Wali Kota bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup). Dalam acara tersebut, Wali Kota selaku Irup memasangkan cincin kepada mempelai pria, Ghuffran Nuristan yang merupakan alumni IPDN angkatan 22 lulusan tahun 2015.

Sedangkan kepada mempelai wanita yang telah sah menjadi istri Aparatur Sipil Negara (ASN) diberikan pakaian Dharma Wanita. Prosesi upacara ini merupakan tradisi korps praja IPDN dalam mengantar sekaligus memberi penghormatan kepada purna praja yang melangkah memasuki lembar kehidupan berumah tangga.

Prosesi ini dimulai, saat kedua pengantin memasuki ruangan upacara dikawal para purna praja lainnya dan membentuk formasi seperti Bintang Astha Brata yang merupakan simbol bagi seorang pemimpin berjiwa pamong praja.

Prosesi Dharma Astha Brata ini memiliki arti bahwa prosesi ini bertujuan sebagai simbol bagi purna praja sebagai abdi negara dan abdi masyarakat yang berlaku dengan jiwa Astha Brata. Astha Brata merupakan wejangan yang berisi 8 laku, 8 perbuatan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin berjiwa pamong praja.

Dalam kesempatan itu, selaku Irup, Aminullah menyampaikan pesan-pesan kepada kedua mampelai.

Katanya, Ghuffran saat ini sudah memiliki tanggung jawab sebagai seorang suami. Sebagai kepala rumah tangga, Ghuffran harus mampu memimpin keluarganya menuju keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah.

“Sebagai kepala rumah tangga, bimbinglah istri dengan baik menuju keluarga yang sakinah, mawaddah warahmah,” pesan Wali Kota.

Pesan lainnya, kedua mempelai ini diminta selalu hormat dan patuh terhadap orang tua yang merupakan sosok paling berjasa dibalik kesuksesan anak-anaknya.

“Meski telah membangun rumah tangga sendiri, tetaplah selalu menghormati orang tua. Merekalah yang paling berjasa mendidik anak-anaknya hingga sukses seperti saat ini,” pesan Aminullah.

Komentar

Loading...