Unduh Aplikasi

Walhi Sarankan Pemerintah Publikasi Setiap Penerbitan Izin Lingkungan

Walhi Sarankan Pemerintah Publikasi Setiap Penerbitan Izin Lingkungan
Direktu:r Walhi Aceh Muhammad Nur. Foto: Ist

BANDA ACEH - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Aceh menyarankan agar setiap izin lingkungan yang diterbitkan pemerintah disampaikan ke publik sehingga dugaan negatif dapat dikurangi.

Seperti halnya analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) proyek Pelabuhan Teluk Surin di Kabupaten Aceh Barat Daya, dimana sebelumnya amdal Surin itu ditolak.

"Karena perbaikan Komisi Amdal menerima kajian dari IPB yang menyatakan wilayah pembangunan surin bukanlah wilayah gambut sebagaimana yang disebutkan dalam amdal lama, artinya amdal disahkan pasca sidang amdal waktu itu," kata Direktur Walhi Aceh Muhammad Nur.

M Nur mengkritik cara kerja dinas teknis karena perbaikan amdal itu tidak disampaikan kembali ke Walhi Aceh sehingga terjadi miskomunikasi terkait pembangunan Surin.

Dikatakan M Nur, selama masyarakat menerima, Walhi Aceh tidak akan menolak proyek tersebut.

"Alasan kami menolak kala itu karena proyek Surin akan menggangu aktifitas nelayan hal itu diperkuat dalam amdal, bukan hasil kajian selain dalam dokumen amdal," katanya.

Menurut M Nur, pola kerja lembaga teknis di dinas terkait sebaiknya diperbaiki untuk menghindari miskomunikasi dimasa akan datang terkait pembangunan.

"Kami akan akses amdal dan kelengkapan dokumen pembangunan itu dalam waktu dekat, sehingga pembuktikan kepada dinas dalam berita AJNN.Net dapat dibuktikan segera, karena Walhi tidak punya dokumen izin pembangunan sebagaimana yang disampaikan Mantan Kadis Perhubungan Aceh Barat Daya (Abdya)," katanya.

Komentar

Loading...