Unduh Aplikasi

Walhi Aceh Ingatkan Rumah Sakit Antisipasi Limbah Medis di Tengah Pandemi Corona

Walhi Aceh Ingatkan Rumah Sakit Antisipasi Limbah Medis di Tengah Pandemi Corona
Foto: Ist

LHOKSEUMAWE – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Aceh menyebutkan pengelolaan limbah medis di tengah Coronavirus Disease (Covid-19) harus menjadi perhatian serius.

Pasalnya, limbah medis berupa masker bekas pakai dan botol-botol hand sanitizer disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

“Memang sejauh ini Walhi Aceh belum menerima keluhan masyarakat, terkait limbah rumah sakit yang berdampak dari penanganan Covid-19,” kata Direktur Eksekutif Walhi Aceh, Muhammad Nur kepada AJNN, Rabu (15/4).

Pun demikian, Dikatakan Muhammad Nur berharap kepada semua rumah sakit rujukan Covid-19, untuk tetap menjalankan prosedur pengelolaan limbah sesuai dengan standard an aturan yang berlaku.

“Ini harus menjadi perhatian serius, baik di rumah sakit Pemerintah ataupun rumah sakit swasta,” ujarnya.

Sambungnya, limbah B3 atau limbah rumah sakit yang berasal dari ruang atau peralatan penanganan Covid-19, harus dilakukan pengelolaan secara khusus, sehingga tidak timbul masalah lain untuk lingkungan sekitarnya.

“Begitu juga kepada masyarakat Aceh, pengelolaan limbah domestik juga harus dikelola dengan baik, termasuk masker bekas,” imbuhnya.

Komentar

Loading...