Unduh Aplikasi

Wakil Menteri Pertanian panen kedelai di Pidie Jaya

Wakil Menteri Pertanian panen kedelai di Pidie Jaya
39kdelai
PIDIE JAYA- Wakil Menteri Pertanian Dr. Rusman Heriawan melakukan panen raya kedelai di gampong Baroh Musa, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya selasa (19/8).

Dalam kesempatan itu Wamen menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada para petani Aceh kerena telah mampu menyumbang produksi kedelai 70% dari produksi nasional. Menurut wamen dari data yang didapat dari BPS Pijay produksi kedelai pidie jaya mencapai 2 per Ha dari rata rata nasional sebesar 1,4 ton per Ha.

" Khusus Aceh tahun 2014 Aceh di prediksi menyumbang produksi kedelai nasional 77 ribu ton," kata Wamentan.

Wamen juga menyampaikan, panen raya kedelai yang dilakukan hari ini adalah wujud nyata dari program pemerintah yaitu implementasi perluasan areal taman untuk kedelai. Dan program pemerintah dalam dalam mengawal harga.

" yang kedua juga secara tidak langsung melaksanakan program fasilitasi harga kedelai, supaya petani dapat terangsang untuk terus menanam kedelai" sebutnya.

Aceh menurut wamen juga menjadi prioritas penting dalam program pertanian nasional kita, menurut data BPS yang dirilis beberapa waktu yang lalu prediksi produksi kedelai nasional sebanyak 890 ribu ton atau meningkat sebesar 14,4 % ditahun 2014.

" kondisi positif ini sedikit berbanding terbalik dengan prediksi produksi beras beras nasional sebesar 800juta ton atau turun 2% di tahun 2014," sebutnya lagi.

Disisi lain wamen menyebutkan rasa optimismenya untuk dapat meningkatkab produksi kedelai yang saat ini hanya 35% dari kedelai impor yang masuk ke indonesia yang mencapai 65% dari konsumsi nasional yang mencapai 2,2 -2,4 juta ton.

" Dengan kondisi begutu banyak kedelai impor yang masuk kita optimis minimal dapat mendekati produksi kita dari yang kita impor. Ini juga sebagai bentuk nasionalisme pangan Kita," kata Dr.Rusman Haryawan.

Acara panen raya kedelai tersebut turut di hadiri Dirjen Tanaman Pangan kementrian pertanian, Gubernur Aceh diwakili Asisiten I, kepala dinas pertanian Aceh, Wakil Bupati Pidie Jaya, kapolres pidie, Dandim 0102 pidie, kepala perum Bulog Aceh.

 

IHKSAN
Kyriad Muraya Hotel Aceh

Komentar

Loading...