Unduh Aplikasi

Wakil Ketua DPRK Simeulue: Harga pembuatan paspor di kantor Imigrasi Banda Aceh Rp 700 ribu

SIMEULUE- Biaya pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Banda Aceh diungkapkan Wakil Ketua DPRK Simeulue mencapai Rp 700 ribu. Hal itu diungkapkannya saat acara temu ramah Pemda setempat dengan Kakanwil Aceh Kemenkumham, Senin (30/3) di Pendopo.

“Saya membuat paspor di Kantor Imigrasi Banda Aceh seharga Rp 700 ribu. Karena saya butuh cepat untuk selesai sehari, saya diminta uang sebesar Rp 700 ribu,” ungkap Fardinan.

Pimpinan wakil rakyat yang pernah menjadi pemandu wisata Aceh selama lima tahun di era 80-an ini mendesak Kakanwil untuk segera membuat Kantor Imigrasi di Simeulue.

Hal yang sama juga dikatakan Ketua Majelis Permusyarawatan Ulama (MPU) Simeulue Muchsin Raf yang mempertanyakan tentang standar biaya pembuatan paspor di Aceh. Dirinya mengaku, pembuatan paspor di Banda Aceh, Takengon dan Meulaboh berbeda-beda.

“Informasi yang saya peroleh, banyak orang yang mau umroh membuat paspor berbeda-beda baik di Takengon, Banda Aceh maupun Meulaboh. Yang agak lumayan murah di Takengon, sedangkan di Meulaboh untuk paspor yang selesai seminggu biaya Rp 300 ribu, tapi kalau mau siap sehari harganya lain lagi,” sebut Muchsin.

Sementara, Kepala Kesbangpolinmas Kusmayadi mengharapkan adanya kantor Imigrasi di Simeulue. Hal itu diharapkan untuk melakukan pengawasan keberadaan orang asing di daerah tersebut.

“Hasil pemeriksaan secara rutin yang dilakukan Kesbangpol akhir 2014 keberadaan warga negara asing (WNA) berjumlah 227 orang. Keberadaan WNA ini dapat ditemui di sejumlah resort yang ada di daerah ini. Jika Kantor Imigrasi belum bisa dibuat, diharapkan Kakanwil bisa mengutus pegawai Imigrasi untuk melakukan pengawasan orang asing di Simeulue

Praktek kotor yang dilakonkan oknum-oknum pegawai Imigrasi ini diakui Kakanwil. Dirinya mengaku telah menerapkan sanksi kepada oknum pegawai yang melakukan pungutan liar dalam pembuatan paspor.

“Idealnya, biaya pembuatan paspor secara nasional Rp 355 ribu dengan waktu selesai selama tiga hari. Jadi kalau ada praktek-praktek seperti itu tolong segera sampaikan ke saya, dan saya akan menindak langsung oknum tersebut. Bapak-bapak bisa menghubungi saya langsung melalui nomor Hp saya nantinya,” pinta Kakanwil Aceh Kemenkumham Fathlurachman, SH, MM.

Menyikapi permintaan pembangunan kantor Imigrasi di Simeulue, Fathlurachman berjanji pihaknya akan meninjau kelayakan daerah itu secepatnya.

SEPTIAN ANTONI

Komentar

Loading...