Unduh Aplikasi

Wakil Ketua DPR RI saran libatkan KPK dan PPATK dalam laporan dana kampanye

Wakil Ketua DPR RI saran libatkan KPK dan PPATK dalam laporan dana kampanye
Detik
PELAPORAN dana kampanye parpol untuk pertama kalinya diadakan di perhelatan Pemilu 2014. Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan berharap ke depannya pelaporan dana kampanye mengalami peningkatan dengan melibatkan penegak hukum.

"Untuk pertama mungkin akan banyak kekurangan, tapi ke depan harus disampaikan sesuai administrasi dan kaidah akuntansi. Jangan sampai ada kepentingan. Ke depan libatkan KPK, PPATK dan lain-lain," kata Taufik dalam pernyataannya kepada detikcom, Minggu (2/3/2014).

Taufik mengapresiasi KPU pimpinan Husni Kamil Malik yang dinilainya telah meningkatkan kualitas demokrasi Indonesia dengan mewajibkan parpol melaporkan dana kampanyenya. Dia berharap pelaporan dana kampanye parpol secara terbuka ini akan terus ada di setiap gelaran pemilu.

"Ini langkah maju dalam demokrasi. Transparansi dalam pilar demokrasi harus diawali dengan kejujuran. Mau memimpin bangsa ini harus diawali dengan hal baik," ujar Sekjen PAN ini.

Taufik sendiri, mewakili PAN, telah menyerahkan laporan dana kampanye partainya yang jumlahnya sebesar Rp 84 miliar untuk tahap kedua ini. Sebelumnya, partai berlambang matahari ini melaporkan dana kampanye tahap pertama sebesar Rp 86 miliar.

"Pertama kita serahkan Rp 86 miliar, sekarang Rp 84 miliar. Total kita laporkan Rp 170 miliar dari urunan kader, caleg dan sumbangan pengusaha," pungkasnya.

| DETIK

Komentar

Loading...