Unduh Aplikasi

Wakil Gubernur Sesalkan Pemberhentian Proyek PT Semen Indonesia Aceh

Wakil Gubernur Sesalkan Pemberhentian Proyek PT Semen Indonesia Aceh
Jumpa pers 100 hari kepemimpinan Irwandi-Nova. Foto: Rahmat Fajri

BANDA ACEH - Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyesalkan atas pemberhentian sementara pembangunan pabrik Semen Indonesia Aceh yang akan dibangun di Laweung, Kabupaten Pidie.

"Saya sesalkan pemberhentian pembangunan PT Semen Indonesia Aceh," kata Nova Iriansyah dalam jumpa pers 100 hari kerja Irwandi-Nova di gedung serbaguna Kantor Gubernur Aceh, Jumat (13/10).

Nova mengaku sebelum dilantik menjadi Wagub Aceh, ia sudah pernah menemui Direktur PT Semen Indonesia. Dalam pertemuan itu sudah dibicarakan persoalan-persoalan yang masih terkendala, bahkan ia telah menyatakan dukungan sepenuhnya termasuk permasalahan lahan.

Baca: Proyek Pabrik Semen Ditunda, Gubernur Aceh Diminta Bersikap Tegas

"Namun, direktur yang saya temui saat itu telah meninggal dunia sebulan sesudah pertemuan dengan saya," ujarnya.

Setelah itu, kata Nova, ada pergantian direktur yang baru, tetapi masih menjalani uji kelayakan dan kepatutan, sehingga semua direksi baru saat ini belum sempat dibangun komunikasi lebih lanjut. Padahal, jika pabrik semen ini tetap dibangun, maka baru bisa berproduksi penuh tahun 2024, tetapi bagaimana kalau itu dihentikan.

"Oleh karena itu akan kami telusuri ulang apa yang menjadi masalah sebenarnya," imbuhnya.

Secara umum, kata Nova, masalah yang terjadi adalah persoalan lahan, tetapi masalah lahan masyarakat bukan dengan PT Semen Indonesia Aceh, melainkan dengan perusahaan yang telah lebih dulu membebaskan lahan, dimana hingga kini belum bisa diselesaikan.

"Inti masalah bukan dengan PT Semen Indonesia Aceh," tegas politisi partai Demokrat itu.

Komentar

Loading...