Unduh Aplikasi

Wakapolri lantik 3 kapolda dan 1 kepala divisi baru

Wakil Kepala Polri Komjen Badrodin Haiti melantik empat perwira tinggi yang akan mengisi tiga jabatan kepala kepolisian daerah dan satu jabatan kepala divisi Polri. Pelantikan digelar di ruangan Rupatama, kompleks Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (17/3/2015) pagi.

Perwira tinggi yang menduduki posisi kapolda itu adalah Irjen Ronny Frangky Sompie, yang dilantik menjadi Kepala Polda Bali menggantikan Irjen Julius Benny Mokalu. Sebelumnya, Ronny menjabat sebagai Kepala Divisi Humas Polri. Adapun Julius menjabat jabatan baru sebagai Staf Ahli Sosial Budaya Kapolri.

Sementara itu, Kombes Erwin Triwanto dilantik menjadi Kepala Polda Daerah Istimewa Yogyakarta menggantikan Brigjen Oerip Sobagyo. Sebelumnya, Erwin menjabat sebagai Kepala Bagian Kajian Sosial Masyarakat Bidang Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian dan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian Lembaga Pendidikan Kepolisian Polri. Oerip kini menjabat jabatan baru sebagai Wakil Ketua Bidang PTIK STIK Lemdikpol.

Adapun Brigjen Wilmar Marpaung dilantik menjadi Kepala Polda Sulawesi Utara menggantikan Brigjen Jimmy Palmer Sinaga. Sebelumnya, Wilmar menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Operasional Bareskrim Polri. Jimmy sendiri memasuki masa jabatan pensiun.

Satu jabatan kepala divisi, yakni Kepala Divisi Humas Polri, kini diemban oleh Brigjen Anton Charliyan. Anton menggantikan Ronny, yang telah ditunjuk sebagai Kepala Polda Bali. Sebelumnya, Anton menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan, Pendidikan, dan Pelatihan Lemdikpol Polri.

Prosesi pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Badrodin. Prosesi diawali dengan pemberian jabatan dilanjutkan dengan penandatanganan serah terima jabatan serta laporan serah terima jabatan dan diakhiri dengan pengambilan sumpah jabatan.

Dalam sambutannya, Badrodin menekankan pentingnya jabatan Kadiv Humas sebagai corong institusi Polri kepada publik. Apalagi, di tengah situasi nasional yang kurang baik. Badrodin juga berpesan kepada kepala baru polda untuk dapat menjalankan tugas dengan baik di wilayahnya.

"Saya yakin saudara-saudara ini punya bekal pengalaman dan kemampuan dalam tugas sebelumnya sehingga dapat mengelola situasi di tugasnya dengan baik," ujar Badrodin.

Prosesi pelantikan dihadiri sejumlah perwira menengah dan tinggi di Polri. Di jajaran bintang tiga sendiri, hanya tiga perwira yang hadir, yakni Badrodin, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Komjen Saud Usman, dan Inspektur Pengawasan Umum Polri Komjen Dwi Priyatno. Prosesi tersebut berlangsung sekitar 20 menit dan diakhiri dengan bersalam-salaman
MERDEKA

Komentar

Loading...