Unduh Aplikasi

Wah! SMK Pasie Raja kembangkan melon

Wah! SMK Pasie Raja kembangkan melon
Melon SMK, Siswa sedang membersihkan lahan yang ditanami melon
ACEH SELATAN - Sebagai salah satu sekolah kejuruan, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pasie Raja terus membenahi diri, salah satu terobosan yang dilakukan adalah pengembangan budidaya melon.

Dalam kegiatan tersebut, SMK membuka lahan sekitar satu hektare, “Untuk tahap awal, kita mencoba sekitar satu hektar dulu,” sebut  Alja Yusnadi, S.TP,  Koordinator lapangan kepada AJNN.net, Kamis(7/2).

Alja juga menjelaskan, selama ini melon masih belum akrab dengan masyarakat sekitar, sehingga ini program diharapkan  menjadi semacam kebun percontohan.

”Jadi sebagai sekolah kejuruan pertanian, kita mencoba untuk membuat terobosan, jika berhasil kita harapkan dapat menjadi contoh bagi masyarakat,” ucap Alja.

Alja melanjutkan, secara teknis, kendala yang dihadapi masyarakat jika membudidayakan melon adalah biaya, mulai dari pengolahan tanah sampai perawatan membutuhkan biaya.

Karena itu kata dia perlu perhitungan hitung Break Event Point (BEP-red) atau titik kembali modal, apakah layak dikembangkan atau tidak. “Namun di luar sana tak sedikit yang sukses bertani melon,” sebut Mantan Program Manager Achehnese Civil Society Task Force (ACSTF) tersebut.

Namun demikian, kendala tersebut bisa diatasi, jika BEP nya lebih besar dari pada satu, “jika BEP nya lebih besar dari satu, itu artinya layak dikembangkan, menyangkut pengetahuan, SMK Pasie Raja siap menjadi terminal pengetahuan bagi masyarakat,” kata Alja.

KURNIA
Iklan Kriyad

Komentar

Loading...