Unduh Aplikasi

Wabub Singkil: Laporan Penggunaan Dana Desa Banyak Fiktif

Wabub Singkil: Laporan Penggunaan Dana Desa Banyak Fiktif

ACEH SINGKIL - Wakil Bupati Aceh Singkil Dulmusrid menyebut banyak penggunaan dana desa tahun 2015 yang dilaporkan oleh kepala desa di Aceh Singkil tidak sesuai antara laporan dengan realisasi di lapangan alias laporan fiktif,  Ia pun lantas  meminta Inspektorat melakukan audit terhadap laporan penggunaan dana desa tersebut.

Hal itu disampaikanya saat membuka acara sosialisasi peraturan Bupati (Perbub) No.10 tahun 2015 tentang Mekanisme Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) yang diselenggarakan oleh Baitul Mal setempat, Kamis, (3/3) di gedung serbaguna Singkil

"Saya banyak mendapatkan laporan bahwa kepala gampong  membuat laporan penggunaan dana desanya fiktif atau tidak susuai dengan yang sebenarnya. Saya minta Inspektorat melakukan audit," kata Dulmusrid. 

Wabub mengaku tak hanya mendapatkan laporan dari masyarakat terkait adanya kepala gampong yang asal saja dalam membuat laporan penggunaan dana desanya. Untuk memastikan kebenaran informasi itu,  ia  bahkan terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pengecekan , hasilnya memang benar banyak laporan pertanggungjawaban yang tidak sesuai dengan  progres pembangunan fisik yang dilaksanakan di lapangan.

"Saya sudah membuktikanya sendiri dan hasilnya memang banyak yang tidak sesuai antara laporan dengan apa yang dibangun. ulah oknum kepala desa itu tentu sangat merugikan masyarakat, untuk itu saya meminta dana yang tidak sesuai itu dikembalikan atau bila memungkinkan dan tidak melanggar aturan pekerjaan yang belum selesai segera diselesaikan sebelum menjadi masalah" pinta Wabub.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor dua di bumi Sekata Sepekat itu juga meminta para bendahara  gampong untuk berani mengingatkan  kepala kampongnya jika mendapati ada  dana yang digunakan tidak sesuai. Tak hanya bendahara yang harus berani,  Wabub juga meminta masyarakat agar tidak takut melaporkan penyelewengan penggunaan dana desa.

"Jika  anggaran tidak digunakan sebagai mana hasil musyawarah bendahara dan masyarakat harus berani protes, jangan takut-takut" pinta wabub.

 Acara sosialisasi  mekanisme ZIS itu sendiri dihadiri ratusan peserta yang terdiri dari bendahara SKPK, kepala gampong,  bendahara Kampong dan rekanan pemerintah. Tujuannya untuk meningkatkan perolehan dana ZIS tahun ini.

Komentar

Loading...