Unduh Aplikasi

Virus Pukul 22.00 WIB

Virus Pukul 22.00 WIB
Illustrasi: dreamstime.

Gubernur yang membatasi kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro dinilai sebagai langkah penting untuk mencegah penyebaran Covid-19. Salah satu isi kebijakan itu adalah membatasi jam operasional warung kopi dan menutup fasilitas pariwisata. 

Gubernur Aceh juga meminta kepala daerah untuk membatasi jumlah pegawai yang bekerja di kantor. Di saat yang sama, beberapa daerah yang dilabeli zona merah juga menutup kegiatan belajar mengajar secara tatap muka. 

Keberhasilan Aceh menekan jumlah penyebaran Covid-19 ini tentu sangat bergantung dengan keseriusan aparatur dan ketaatan warga dalam menjalan protokol kesehatan. Tanpa kedisiplinan, seindah apapun imbauan yang disampaikan tidak akan berefek karena tidak dapat mengubah perilaku. 

Sebenarnya cara mencegah penularan cukup simpel. Seperti menghindari kerumunan atau menjaga jarak, mengenakan masker saat bersama orang lain, dan rajin-rajin mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir. Namun hal ini sering kali dianggap angin lalu. Terutama dalam urusan menjaga jarak. 

Masyarakat, entah itu pejabat atau rakyat biasa, entah tua atau muda, entah pengangguran atau pengusaha, harus memahami bahwa virus ini tidak mengenal waktu penyebaran. Tidak ada satupun penelitian yang menyatakan bahwa virus ini hanya menular di malam hari, tidak seperti inangnya: kelelawar. 

Jadi, kebijakannya pun hendaknya tidak dilakukan atas pendekatan waktu. Melainkan tingkat okupasi. Warung-warung atau pusat keramaian yang beroperasi di siang hari, termasuk pasar tradisional, juga harus memastikan tidak terjadi kerumunan di satu tempat yang menyebabkan sulit bagi pengunjung untuk menjaga jarak. 

Andai sejak awal kita menerapkan pelajaran yang disampaikan para pakar penyakit menular tentang virus ini, dan menjadikan landasan epidemiologi sebagai dasar pengambilan kebijakan, mungkin kurva penyebaran Covid-19 akan dapat ditekan. Tapi apa hendak dikata. Dan mudah-mudahan kita tidak latah untuk menganggap Covid-19 menyebar di atas pukul 22.00 WIB. 

Komentar

Loading...