Unduh Aplikasi

KLARIFIKASI

Viral di Sosmed Foto Mahasiswa PKKMB ISBI Aceh Penuh Lumpur

Viral di Sosmed Foto Mahasiswa PKKMB ISBI Aceh Penuh Lumpur
Foto mahasiswa ISBI berlumpur yang viral di medsos. Foto: Ist

BANDA ACEH - Kampus Istitute Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh mengklarifikasikan terkait foto-foto mahasiswa Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang mana disalah satu akun sosial media milik pribadi menyebutkan kalau mahasiswa tersebut dipaksa masuk ke dalam kubangan kerbau.

“Terkait mahasiswa tersebut di paksa masuk ke dalam kubangan kerbau tidak benar, air lumpur tersebut merupakan hasil olahan mahasiswa yang dibuat dari air bersih dan dicampur lumpur,” tulis Rektor ISBI Aceh dalam press rilis yang disebarkannya ke media kemarin (30/8).

Sambungnya, itu bukan merupakan sebuah kubangan melainkan kolam lumpur buatan yang ke dalamannya sekitar 15 centimeter dan sudah dicek keamanannya, di dalamnya tidak terdapat benda berbahaya, dan hal tersebut sebagai bentuk eksplorasi gerak dan rupa pada seni.

“Kegiatan PKKBM 2019 merupakan kegiatan rutin yang diikuti oleh setiap mahasiswa baru ISBI Aceh, hal ini dilakukan sebagai bentuk pembelajaran bagi mahasiswa-mahasiswa baru,” jelasnya.

Tulisnya lagi, dalam dunia pertunjukan seni, pelumuran pengecatan tubuh (body painting) merupakan hal yang lumrah. Banyak dilakukan oleh guru-guru besar sebagai wujud eksplorasi gerak, rupa, bahkan music. Hal ini harus diperkenalkan pada mahasiswa agar mereka terbiasa dengan dunia seni.

Selain itu, pihak Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ISBI Aceh menjelaskan bahwa kegiatan tersebut tidak sama sekali mengandung unsur kekerasan fisik. Ini murni sebagai wujud eksplorasi yang harus diperkenalkan sebagaimana mestinya, dan bukan sebuah hukuman. Sebelum melakukan hal tersebut mahasiswa baru dan panitia sudah melakukan kesepatakatan bersama.

Ada dua opsi pertimbangan medium yang akan dieksplor yaitu cat dan lumpur, sesuai kesepakatan akhirnya menggunakan lumpur karena mengingat sifatnya yang tidak berbekas seperti cat, kolam lumpur buatan tersebut dibuat langsung oleh panitia bukan kubangan kerbau atau sejenisnya

Selain itu, dalam rilis itu juga tertulis, kalau salah seorang mahasiswa baru bernama Siti Masyitah dari jurusan Seni Rupa mengatakan pihaknya sama sekali tidak merasa dihukum atau sebagainya, bahkan berpikir pertama airnya menimbulkan aroma yang tidak sedap, tapi ternyata sabun mandi yang hanya bercampur lumpur.

Kegiatan PKKBM ISBI Aceh berlangsung selama tiga hari dan memiliki rangkaian kegiatan lain yang terdiri dari pengenalan atau orientasi kampus dengan materi bela negara, pemberantasan narkoba, dan terkait seni dalam perspektif Islam.

Dalam surat tersebut pihaknya juga menulis, atas nama ISBI Aceh meminta maaf karena telah menimbulkan banyak dugaan yang tidak baik dari berbagai pihak atas kejadian tersebut.

Komentar

Loading...