Unduh Aplikasi

Vaksin Tanpa Invasi

Vaksin Tanpa Invasi
Ilustrasi: freepik

KABAR tentang uji klinis sejumlah vaksin covid-19 adalah langkah maju. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut terdapat 31 bakal vaksin virus corona yang memasuki tahap uji klinis.

Dengan demikian, dalam waktu yang tak lama lagi, kita berharap, agar terwujud keinginan untuk menciptakan kekebalan komunitas melalui vaksinasi anti covid-19. Tanpa itu, negara ini hanya akan menjadi pasar dari produk-produk vaksin asal Eropa, Cina dan Amerika Serikat.

Kemampuan memproduksi vaksin ini juga harus dilakukan mengingat setiap negara akan berupaya mencukupi kebutuhan dalam negeri mereka. Bukan tidak mungkin, di saat kita mengandalkan vaksin dari luar negeri, kita hanya akan mendapatkan vaksin dengan kualitas yang rendah, karena vaksin berkualitas tinggi diprioritaskan untuk konsumsi dalam negeri produsen vaksin.

Sejak lama negara ini menjadi lahan bisnis yang menggiurkan bagi produsen obat-obatan luar negeri. Perusahaan-perusahaan itu tak segan menggelontorkan biaya besar dan seabrek fasilitas bagi dokter yang berkenan menjual obat-obatan mereka.

Padahal, Undang-Undang Dasar 1945 mengamani negara untuk memberikan layanan kesehatan sebagai layanan dasar setiap individu dan warga negara. Maka Pemerintah wajib untuk memberikan pelayanan kesehatan yang aman,bermutu dan terjangkau.

Namun hal ini akan sulit dilakukan jika Indonesia tidak mandiri dalam mengelola dan memproduksi obat-obatan. Alih-alih mandiri, Indonesia, atas desakan sejumlah lembaga internasional, malah jadi pasar, konsumtif.

Apalagi di negara ini terdapat bahan baku penting obat-obatan yang sebarnya diburu oleh dunia. Namun sayang, negara malah mengabaikan potensi itu lewat kebijakan-kebijakan yang kontraproduktif dengan upaya kemandirian di bidang obat-obatan.

Selama ini, pemerintah juga gagal menekan industri farmasi asing untuk menekan harga jual. Di saat yang sama, produsen lebih suka memberikan biaya siluman kepada dokter, lewat para sales obat, agar mereka mau menuliskan resep sesuai dengan obat yang disediakan sponsor.

Karena itu, kita tak boleh lagi menyerahkan kedaulatan kesehatan kita kepada para produsen. Negara ini terlalu besar hanya untuk dikendalikan oleh sekelompok orang.

Komentar

Loading...