Unduh Aplikasi

Utang di Pusat, Utang di Daerah

Utang di Pusat, Utang di Daerah
Ilustrasi: greentech

PERUSAHAAN Listrik Negara memang sedang buntung. Saat ini, perusahaan itu memiliki piutang di Pemerintah Kabupaten Aceh Utara sebesar Rp 1,2 miliar. Permasalahan itu kini berada di tangan Kejaksaan Negeri Aceh Utara. Sebagai pengacara negara, kejaksaan ditugaskan untuk “menagih”.

Adapun data tunggakan pelanggan di Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, pada Juli 2020, yakni Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh Utara, Rp 6,1 juta, BPBD Aceh Utara Rp 10,8 juta, Kantor Bupati Aceh Utara mencapai Rp 1,1 miliar dan Rumah Sakit Pratama Aceh Utara Rp 42,5 juta. Ini tidak termasuk sejumlah instansi di pemerintah kabupaten.

Meski hanya kasus perdata, urusan tunggakan ini tetap harus segera diselesaikan. Pemerintah daerah harusnya memberikan contoh yang bagus. Apalagi, anggaran iuran listrik telah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten.

Pemerintah Kabupaten Aceh Utara tak perlu meniru Pemerintah Pusat yang hingga kini juga berutang dalam jumlah besar. Direktur Utama PT PLN Zulkifli Zaini mengatakan pemerintah berutang sebesar Rp 48 triliun kepada perusahaan yang dipimpinnya.

Utang tersebut berasal dari biaya kompensasi tarif listrik pada 2018 dan 2019. Ini adalah kompensasi tarif listrik 2018 dan 2019 dan Rp 3 triliun berupa tambahan subsidi kebijakan diskon tarif rumah tangga.

Pemerintah Kabupaten Aceh Utara tak perlu meniru hal-hal yang tidak baik. Aceh Utara adalah daerah yang kaya. Mungkin hanya diperlukan perbaikan manajemen. Termasuk untuk memastikan pembayaran iuran listrik tepat waktu. Apalagi, perusahaan ini sangat membutuhkan dana yang diharapkan dapat membantu operasional mereka menerangi Aceh Utara.

Dalam kehidupan bernegara saat ini memang banyak ketidakadilan. Namun hal itu jangan jadi alasan bagi kita untuk berlaku sama buruknya dengan orang-orang yang melakukan ketidakadilan.

Kita diberikan akal dan pikiran untuk menentukan langkah. Menentukan pilihan. Pilihan itu akan sangat berpengaruh pada jati diri kita. Terserah apakah saat ini kita masih merasakan pelayanan yang tidak optimal dari PLN. Yang jelas, sebagai orang yang berutang, kita harus segera melunasi.

Komentar

Loading...