Unduh Aplikasi

Usut Tuntas Insiden Gas Aceh Timur

Usut Tuntas Insiden Gas Aceh Timur
Ilustrasi: getty images.

MINYAK dan gas adalah hal yang membentuk peradaban manusia. Namun jika tidak dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin pula hal itu memusnahkan peradaban.

Kita mungkin harus belajar dari Uni Emirat Arab dalam urusan membangun peradaban ini. Negeri kaya minyak itu bertransformasi cepat, menjawab perkembangan zaman, dengan bersiap menjadi salah satu pengguna teknologi yang jauh dari penggunaan bahan bakar fosil yang menjadi sumber kekayaan mereka. 

Sedangkan untuk hal kedua, kita harus belajar dari keberadaan PT Medco di Aceh Timur. Di sekitar areal kerja perusahaan, masyarakat terpaksa mengungsi akibat kebocoran gas. Beberapa di antaranya harus dirawat di rumah sakit karena keracunan gas. 

Karena menyangkut banyak hajat hidup banyak orang, minyak dan gas alam itu memang harus dikelola dengan sangat baik. Mempekerjakan para ahli yang andal dan memberikan jaminan kepada siapa saja yang terlibat di dalam eksploitasi, baik sebagai pekerja atau orang-orang yang berada di sekitar lokasi, untuk mendapatkan keselamatan. 

Namun sering kali pula hal ini dilupakan. Pengelola dan penguasa, misalnya, hanya ingat kepada hal-hal seperti ini saat terjadi insiden. Padahal, harga minyak dan gas itu tidak sebanding dengan harga nyawa manusia. 

Badan yang menjadi regulator juga kerap menutup mata. Mereka hanya beraksi saat terjadi kecelakaan, seperti yang terjadi di Aceh Timur. Risiko-risiko yang ada kerap diabaikan hanya padahal semua itu sangat berpotensi mengancam nyawa manusia. 

Tentu publik berharap agar insiden kebocoran gas itu dapat diinvestigasi hingga tuntas untuk menemukan penyebabnya sesuai dengan standar ISO. Regulator, dan Pemerintah Aceh, jangan ragu untuk bertindak untuk melindungi para pekerja dan rakyat yang berada di sekitar areal kerja Medco. Jangan malah bersikap sebaliknya. 

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...