Unduh Aplikasi

Usai Terpilih, Zarkasyi Dibatalkan Jadi Keuchik di Aceh Timur

Usai Terpilih, Zarkasyi Dibatalkan Jadi Keuchik di Aceh Timur
Potongan surat Bupati Aceh Timur perihal penegasan hasil Pilkades Gampong Blang Pauh Dua. Foto: For AJNN.

ACEH TIMUR - Zarkasyi, dibatalkan menjadi keuchik (Kepala desa) meski telah menang dalam pelaksanaan pemilihan Keuchik Gampong Blang Pauh Dua, Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur.

Batalnya Zarkasyi menjadi Keuchik setelah keluar surat "penegasan" dari Bupati Aceh Timur tertanggal 3 Maret 2020.

Surat Bupati Aceh Timur itu dikeluarkan sehubungan dengan adanya surat gugatan hasil Pilkades Gampong Blang Pauh Dua yang dilayangkan oleh Ilyas, rival Zarkasyi saat bertarung di Pilkades.

Dalam surat Bupati Aceh Timur seperti diperoleh AJNN, Sabtu (14/3), alasan bupati membatalkan hasil pemillihan Keuchik Gampong Blang Pauh Dua karena dinilai pelaksanaan pemilihannya bertentangan dan tidak sesuai dengan Qanun Aceh Nomor 4 Tahun 2009 tentang tata cara pemilihan dan pemberhentian keuchik di Aceh. 

Dalam surat nomor: 140/2023, Bupati Aceh Timur Hasballah M Thaib meminta pelaksanaan pemilihan keuchik di Gampong Blang Pauh Dua harus segera dilakukan pemilihan ulang dengan berpedoman pada Qanun Aceh.

Dalam surat itu dituliskan berdasarkan ketentuan Pasal 11 ayat (1) huruf b Qanun Aceh Nomor 4 tahun 2009 tentang tata cara pemilihan dan pemberhentian keuchik di Aceh disebutkan bahwa yang berhak memilih adalah warga Negara Republik Indonesia yang memenuhi syarat telah berdomisili digampong yang bersangkutan paling singkat 6(enam) bulan sebelum masa pendaftaran pemilih dimulai.

Untuk kelancaran pelakasaan pemilihan ulang, bupati memerintahkan Camat Julok untuk segera mengusulkan Penjabat Keuchik Gampong Blang Pauh Dua.

Informasi lain yang diperoleh AJNN, pemilihan Keuchik Gampong Blang Pauh Dua telah berlangsung pada tanggal 2 September 2019 lalu.

Pilkades itu diikuti oleh dua calon yakni, Ilyas nomor urut 1 dan Zarkasyi nomor urut 2. Dari 770 pemilih yang terdaftar dalam DPT, pada Pilkades itu hanya 550 yang memberi hak suara.

Hasil pemilihan, Ilyas hanya mampu memperoleh 261 suara, sementara Zarkasyi lebih unggul dengan meraih 285 suara.

Hasil Pilkades itu belakangan dilaporkan bahwa ada salah seorang pemilih berasal dari luar daerah dan belum menetap selama (6) enam bulan di Gampong Blang Pauh Dua, sehingga Ilyas, rivalnya Zarkasyi melayangkan gugatan.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...