Unduh Aplikasi

Usai Terbitnya Keppres, Bupati Bener Meriah Berharap Nova Segera Dilantik

Usai Terbitnya Keppres, Bupati Bener Meriah Berharap Nova Segera Dilantik
Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi saat menerima kunjungan kerja Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah di Bener Meriah. Foto: AJNN Fauzi Cut Syam.

BENER MERIAH - Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat dan selamat atas diterbitkannya Keputusan Presiden (Keppres) tentang pengesahan Wakil Gubernur Aceh sisa masa jabatan 2017 - 2022, Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh definitif. 

Menurut Sarkawi, dengan keluarnya Keppres ini menjadi harapan baru bagi semua pihak terutama para kepala daerah di kabupaten/kota untuk berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dalam melakukan sejumlah langkah pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Baca: Jokowi Terbitkan Keppres Pengesahan Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh

"Saya mewakili masyarakat kabupaten Bener Meriah mengucapkan selamat kepada bapak Nova Iriansyah atas terbitnya Keppres pengangkatan beliau sebagai Gubernur Aceh, kami tentu saja berharap dengan adanya Keppres ini pelantikan bisa segera dilakukan, agar roda pembangunan di Aceh semakin cepat," ujar Sarkawi kepada AJNN, Selasa (20/10/2020) melalui sambungan telepon dari kediamannya di Redelong.

Pelantikan sebagai Gubernur definitif menurut Sarkawi membawa banyak manfaat, hal ini mengingat beberapa keterbatasan wewenang yang dimiliki Nova  Iriansyah sebagai Plt Gubernur terbatas, sehingga setiap ingin melakukan sejumlah terobosan pembangunan harus dengan persetujuan menteri Dalam Negeri. Untuk itu dirinya mengatakan dukungan dari Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) untuk mempercepat pelantikan Gubernur Aceh definitif tersebut menjadi hal yang sangat penting bagi semua pihak, baik organisasi pemerintahan maupun masyarakat banyak.

"Tentu saja, kami berharap dan mensupport teman - teman di parlemen Aceh untuk dapat segera memproses  dan mengagendakan jadwal pelantikan gubernur Aceh definitif," ujar Bupati yang juga sempat merasakan sebagai  Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bener Meriah ini

Sarkawi juga menyampaikan bahwa dirinya bersama seluruh unsur Forkompinda Bener Meriah akan mensupport seluruh langkah pemerintah Aceh demi kemajuan pembangunan di segala sektor termasuk dalam menghadapi Pandemi Covid-19 saat ini. 

Selain itu politisi PKB ini juga mendukung semua upaya parlemen Aceh yang berpihak kepada kepentingan rakyat banyak

Sebagaimana diketahui bahwa dengan keluarnya Keppres Nomor 95/p tahun 2020 tanggal 17 Juli 2020 tentang pengesahan Wakil Gubernur Aceh sisa masa jabatan 2017 - 2022, Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh definitif maka kewenangan Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh akan lebih luas. Namun hal tersebut baru bisa terwujud saat Nova resmi dilantik sebagai Gubernur. Hal ini termuat dalam isi Keppres tersebut.

Sebelumnya Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) melalui Wakil Ketua III Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Safaruddin mengatakan bahwa pihaknya akan segera memproses surat Keputusan Presiden (Keppres) tentang pengangkatan Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh.

DPRA menurut Safaruddin, baru saja mendapatkan surat kepetusan itu. Sehingga dalam beberapa hari akan dibicarakan kepada pimpinan DPRA agar segera diteruskan ke Badan Musyawarah (Banmus) "Surat baru sampai di DPRA, sekwan baru memberikan itu kepada ketua DPRA, dalam beberapa hari kita bicarakan ke pimpinan dulu untuk kita teruskan ke banmus, nanti biar banmus yang memutuskan kapan dan bagaimana sikap DPRA dan jadwal paripurna," kata Safaruddin, saat diwawancarai AJNN, Senin (19/10). 

Safaruddin menjelaskan, karena surat Keppres tersebut baru sampai ke DPRA, pihaknya akan terus memproses terhadap surat tersebut.  "Karena surat ini baru sampai maka kita akan terus proses, kenapa kemarin surat pemberhentian tidak bisa kita proses karena waktunya sudah habis, nah kalau ini kan baru sampai," ujar politisi Partai Gerindra tersebut.

Komentar

Loading...